-->

Tatang Sukmana" KRL Picu Inovasi dan Kreativitas Warga Dalam Menata Lingkungan

Bidik Nusantara
Thursday, 1 October 2020, 19:24 WIB Last Updated 2020-10-02T00:10:23Z

KAB. BOGOR, Bidiknusantara - Pendamping Desa (PD) Bidang Pemberdayaan Kecamatan Sukaraja, Tatang Sukmana berharap Kampuung Ramah Lingkungan (KRL) bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Karena, kata dia, banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat. selain pemanfaatan limbah, lingkungan bersih, tentunya bisa memucu kreativitas warga terutama membudi dayakan tanaman dan penghijauan, apalagi dengan adanya tanaman obat keluarga (Toga).

"Menurut saya apa bila KRL ini dikembangkan dan memang dilestarikan, bukan hanya sebatas program, tentunya akan tercipta lingkungan yang sehat, bersih dan kereatif," tutur Tatang saat menghadiri penilaian KRL di Kampung Ramah Lingkungan Hayang Bersih 2, Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (01/10/20).

Menurut Tatang, banyak inovasi-inovasi yang ada di KRL hayang bersih 2. Tinggal bangai mana adanya kerjasama masyarakat wilayah dengan Pemerintah Desa untuk perkembangan selanjutnya. 

"Ketika ada yang berpotensi kenapa tidak.? Karena, KRL ini memicu kreativitas masyarakat sehinga diharapkan bisa menimbulkan perbaikan ekonomi," harap Tatang.

Sebetulnya, apabila tidak ada pandemi ini, lanjut Tatang, prioritas Dana Desa (DD) 70% itu bisa di pergunakan untuk pemberdayaan dan 30% untuk infrastruktur.

 "Kalau tahun depan kita bebas pandemi tentunya hal ini bisa dianggarkan. Karena masuk dalam kategori pemberdayaan ekonomi, apalagi lekat eratnya dengan program pemerintah, adalah bagai mana majunya Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) menjadi revitalisasi ekonomi Desa," pungkasnya. (Red)
Komentar

Tampilkan

Terkini