-->

DR. Agus Pramono: "PEN" Ini Intruksi Presiden

Bidik Nusantara
Thursday, 1 October 2020, 00:25 WIB Last Updated 2020-10-02T00:56:39Z

PONOROGO - Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo, DR. Agus Pramono mengatakan, pinjaman dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional yang dilakukan oleh Pemkab Ponorogo kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) senilai Rp 200 Milyar merupakan program Nasional yang di intruksikan oleh Presiden. 

Hal tersebut, disampaikan Dr Agus Pramono ketika ditemui usai memberikan keterangan di Bawaslu Kabupaten Ponorogo, Rabu (30/9/2020).

Menurutnya, program ini dilaksanakan secara nasional, tidak hanya di Ponorogo. "Mulainya bulan Agustus 2020 kemarin dan berbeda dengan pinjaman yang biasa. Ini adalah langkah yang diambil pemerintah pusat setelah banyak anggaran baik DAU maupun DAK yang dipotong untuk penanganan Covid-19," kata Agus.

Ia menegaskan, ruas-ruas jalan yang akan dikerjakan dengan pinjaman PEN itu sudah diprogramkan tahun 2020 ini. "Jadi pembangunan ruas-ruas jalan direncanakan dari anggaran DAU dan DAK, namun karena ada Covid 19, sebanyak 400 M anggaran untuk pembangunan ruas-ruas jalan tersebut di potong, kemudian ada penawaran dari PT SMI, kita ambil untuk melanjutkan pembangunan ruas-ruas jalan yang telah direncanakan sejak 2019 itu," tuturnya.

Menurutnya, pinjaman yang perlu persetujuan dari DPRD adalah pinjaman biasa. "Dasar hukumnya adalah PP 56 tahun 2018, sementara pinjaman PEN sesuai dengan PP 43 tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 105, pasalnya 10 ayat 5, semua sudah clear dan tidak ada masalah," tegas Agus.

Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa akan banyak manfaat dari pinjaman PEN itu. "Yang pertama, kata, pembangunan ruas-ruas jalan yang telah direncanakan akan bisa dilanjutkan, kedua, akan banyak tenaga kerja yang terserap dalam kegiatan itu, ketiga menyerap bahan material lokal, sehingga akan menumbuhkan dan membangkitkan ekonomi masyarakat secara langsung," jelasnya.

Dan yang terpenting, kata Agus, Jalan kita di Ponorogo akan semakin mulus. Jadi, mari kita sukseskan program nasional ini. (NC)
Komentar

Tampilkan

Terkini