-->

Kunci Mandiri Secara Ekonomi, Ini Strategi Diskominfosantik dan PWI Cianjur

Bidik Nusantara
Friday, 11 September 2020, 19:54 WIB Last Updated 2020-09-11T12:58:21Z

CIANJUR - Masa pandemi Covid-19 imbasnya berdampak terhadap berbagai sektor. Termasuk bagi kalangan wartawan, pelaku industri bersekala besar, apalagi bagi para pelaku menekuni usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Melihat kondisi tersebut, Pemkab Cianjur melalui Diskominfosantik Cianjur, mitra dari insan pers, memandang perlu adanya semacam pelatihan atau vokasi bimbingan teknis kewirausahaan. Terutama bagi para jurnalis kerja liputan di Cianjur," tutur Kepala Diskominfosantik Tedy Artiawan saat sambutannya kepada awak media. Jum'at (11/9/20).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Alam Asri Resort, Jalan Hanjawar-Pacet, Desa Sukanagalih, Kecamatan Cipanas itu, Tedy menjelaskan, salah satu materi pelatihan atau vokasi itu menyangkut penguatan kemandirian ekonomi, bagi para jurnalis serta keluarganya. "Mereka diajari membuat sebuah usaha ekonomi kerakyatan. Artinya, bisa menjadi penghasilan nantinya," jelasnya.
Menurutnya, bimbingan teknis saat ini, bisa meningkatkan keterampilan kewirausahaan. Nantinya, bisa menjadi sumber penghasilan bukan hanya di saat pandemi Covid-19 sekarang ini saja. Melainkan untuk ke depan secara kontinyu.

Ia meminta, dari kegiatan ini para jurnalis dan keluarganya bisa menyerap berbagai materi kewirausahaan. Bukan hanya secara teori, tapi juga praktik di lapangan bisa terealisasi. "Serap ilmu melalui bimtek disampaikan oleh narasumber, manfaatkan sebaik mungkin. Intinya, untuk modal sehingga bisa mandiri secara ekonomi," harap Tedy.

Terpisah, Ketua PWI Kabupaten Cianjur, Mochamad Ikhsan mengatakan, sangat mendukung melalui bimtek saat ini. Berharap, teman-teman (pengurus dan anggota PWI) ada tambahan ilmu, salain fungsi dan tugas sebagai jurnalis. Tapi, ada nilai tambahan ekonomi di sini. "Ini merupakan peluang baik dan harus dimanfaatkan," katanya.

Kegiatan seperti ini, sambunganya, bisa jadi percontohan. Dan, bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. "Karena jarang ada pelatihan vokasi kewirausahaan seperti ini," imbuhnya.

Bimtek tersebut, diikuti juga oleh para istri jurnalis di Cianjur Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) sebagai peserta pelatihan vokasi kewirausahaan (UMKM). Sehingga, bisa membantu tanggung jawab suami mencari nafkah. (Yadi)
Komentar

Tampilkan

Terkini