-->

Poktan Sahabat GSBR Peduli Terhadap Das

Bidik Nusantara
Saturday, 26 September 2020, 17:19 WIB Last Updated 2020-10-02T15:49:08Z

KAB. BOGOR - Lingkungan bersih dan sehat adalah lingkungan yang nyaman dan aman. Hampir setiap orang mengharap lingkungan sehat agar terhindar dari segala penyakit. 

Menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting. Karena dengan menjaga kebersihan lingkungan dapat menjamin anggota keluarga hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Bahkan sangat mudah untuk melestarikan lingkungan ini agar terhindar dari segala penyakit. Seperti hal-nya yang dilakukan Kelompok Tani (Poktan) Sahabat Griya Soka Bogor Raya (GSBR) Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor melakukan pengecatan Tembok Penahan Tanah (TPT) di RT 04/06 Griya Soka Bogor Raya 1A. Sekitaran Das Sungai Sukaraja. Sabtu (26/9/20).

Ketua Poktan GSBR Ujang Karya mengatakan, hal tersebut adalah bentuk kepedulian masyarakat dalam menjaga dan melestarikan Daerah  Aliran Sungai (Das). "Sungai tentunya perlu dijaga agar terliha bersih dan indah. Selain itu, perlu yang namanya perawatan. Jika sungai terlihat rapih tentunya masyarakat juga akan segan untuk mengotori dan membuang sampah kesungai," kata Ujang yang akrab disapa Eja.

Karena, kata dia, dengan upaya seperti ini masyarakat akan segan untuk membuang sampah. "Sungai adalah sumber kehidupan tentu harus dirawat ditata dan di kelola dengan baik. Agar bisa terhidar dari berbagai masalah, terutama dampak daripada bencana alam," imbuhnya.

Menurutnya, sebagai mahluk hidup manusia harus bisa bersahabat dengan alam. "Apa bila kita sudah bersahabat dengan alam tentu alam pun akan bersahabat dengan kita. Karena kalau bukan kita sipa lagi yang akan merawat dan menjaga alam ini," tegas Eja.
Komentar

Tampilkan

Terkini