-->

10 Program Pokok PKK Bertujuan Meningkatkan Kualitas Masyarakat Diberbagai Bidang

Bidik Nusantara
Friday, 18 September 2020, 06:38 WIB Last Updated 2020-09-17T23:42:46Z

KAB.BOGOR - Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana atau Bangga Kencana yang telah dicanangkan oleh Presiden sejak tahun 2016. Kabupaten Bogor telah menindaklanjuti dengan mengeluarkan Surat Edaran Bupati Bogor tentang Penguatan Kampung Keluarga Berencana di Kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Hal tersebut disampaikan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bangga Kencana dan Kesehatan Tingkat Kabupaten Bogor tahun 2020 di Ruang Serbaguna I Setda Kabupaten Bogor, Kamis (17/9/2020).

Menurutnya, Kampung KB ini miniatur Program Bangga Kencana, didalamnya terdapat Program Terpadu  Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana secara holistik, integral dan sistematik.

Dipadukannya Program Bangga Kencana dan kesehatan dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai satu kesatuan gerak karena peran strategis Tim Penggerak PKK dalam mengembangkan 10 Program Pokok PKK yang bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat diberbagai bidang yang tentunya juga terkait dengan penerapan pola hidup bersih sehat yang mendukung Terwujudnya Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban.

Burhan menegaskan, terkait aktifitas posyandu yang saat ini terkendala pandemi sementara anak-anak membutuhkan tambahan gizi serta imunisasi. "Atifitas Posyandu selama masa pandemi ini pasti terkendala, padahal anak-anak kita perlu tambahan gizi dan imunisasi," tegasnya.

Ini, kata dia, perlu menjadi pemikiran bersama bagaimana, mengatasi kendala ini agar anak-anak tetap mendapatkan perhatian yang semestinya untuk tumbuh dan berkembang di tengah tantangan dan ancaman Pandemi Covid-19. "Saya betul-betul berharap forum ini bukan sekedar seremonial tapi dapat bersinergi koordinasi lintas sektor sehingga menghasilkan solusi dan rumusan program kerja yang berkualitas," harap Burhan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiyah Iwan mengatakan jika tahun sebelumnya dikenal dengan istilah Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan, untuk tahun 2020 ini menjadi Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan dan Posyandu.

Menurutnya, Bangga Kencana merupakan akronim dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Program Keluarga Berencana. "Walaupun berganti istilah namun tidak menghilangkan momentum yang sangat baik untuk menumbuhkan sikap dan semangat kemandirian keluarga dan masyarakat guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka mewujudkan kesejahteraan lahir batin selaras, adil dan merata," katanya. (*/Gan)
Komentar

Tampilkan

Terkini