-->

Ratusan Kios di Pasar Inpres Ciranjang Diamuk Sijago Merah

Bidik Nusantara
Tuesday, 11 August 2020, 00:18 WIB Last Updated 2020-08-11T03:03:48Z

CIANJUR- Sebanyak 1.273 Kios Darurat dan Los 400 Unit di Pasar Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, habis terbakar dilalap sijago merah.

Menurut informasi yang di himpun, bangunan yang terbakar  terdiri dari, jumlah kios darurat total keseluruhan sebanyak 1.558  unit, yang terbakar, 1.273 unit, lalu yang terselamatkan (tidak terbakar) sebanyak 285 unit, tepatnya di Kampung Pasir Asem RT03/18, Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang.

Kapolres Cianjur melalui Kapolsek Ciranjang, Kompol Kuslin Burhadi mengatakan, informasi diterima, menurut keterangan saksi asal mula api terlihat dari kios atau warung nasi milik A. Usup di Blok B.

"Itu lokasinya di tengah pasar, karena material kios darurat tersebut terbuat dari bahan kayu. Sehingga mudah terbakar, ditambah hembusan angin kencang yang mengakibatkan 1.273 unit kios darurat  dan 400 unit los hangus terbakar," katanya, Senin (10/8/2020) malam.

Ia menjelaskan, untuk jumlah los sekitar 448 unit, dan yang terbakar berjumlah 400 unit, lalu yang tidak terbakar sekitar 48 unit.

"Beruntung tidak ada korban jiwa, saat detik-detik kobaran api melalap bangunan kios ada di pasar tersebut. Kini, kerugian materi sementara belum bisa ditaksir berapa," jelasnya Kompol Kuslin.

Terpisah, Jejen (38) dan Dadang (50) dua warga setempat membenarkan hal tersebut. "Kaget juga saat itu. Terdengar di dalam pasar banyak berlari dan berteriak minta tolong, dikiranya ada apa. Pas melihat di langit ada gumpalan asap tebal, tidak tahunya itu kebakaran. Saat itu juga warga kami panik, khawatirnya ada korban jiwa. Tapi masih beruntung hanya kerugian material saja," katanya.

Sementara, api dapat dipadamkan pada pukul 17.30 WIB, dilanjutkan proses pendinginan. Dan, jumlah kendaraan Damkar yang dilibatkan terdiri dari Damkar Cianjur sebanyak lima unit, Damkar Ciranjang dua unit, lalu Water Canon Polres Cianjur dua unit, tangki dari PDAM dua unit, Damkar Kabupaten Bandung Barat dua unit, dan terakhir Damkar Kabupaten Sukabumi dua unit.(Yad)
Komentar

Tampilkan

Terkini