-->

Pengamat Politik dan Hukum Odden : Ada Dugaan Politik Adu Domba Memecah Partai Koalisi

Bidik Nusantara
Wednesday, 26 August 2020, 15:54 WIB Last Updated 2020-08-26T12:10:13Z
Jadi secara politik, ada upaya dugaan melakukan adu domba atau memecah partai koalisi, yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

CIANJUR- Salah seorang pemerhati politik dan hukum Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Odden Muharram Junaedi menilai, beradar spanduk (baliho) pasangan calon bupati dan wakil bupati (Cabup-Cawabup) Cianjur, Herman Suherman-Tb Mulyana Syahrudin (BHS-M), setiap sudut kota, notabenenya merupakan sosialisasi Pilkada 2020, dari kubu mereka.

Menurut Odden, BHS-M dukung oleh beberapa partai politik dimana PDI merupakan partai pengusung awal, sebagai calon bupati (Cabup) Cianjur.

Kemudian, masih kata Odden, didukung oleh beberapa partai politik lainnya, diantaranya Partai Golkar, PAN, NasDem. Dan, Partai PPP. 

"Semua partai tersebut telah sepakat secara formal untuk mengusung BHS-M," katanya, Rabu (26/8/3020) siang.

Hal tersebut, mendukung penuh untuk maju menjadi cabup 2020 di Cianjur. Substansi kesepakatan politik bersama tersebut, terjalin dengan beberapa komitemen politik, serta pembagian sistem kerja secara profesional.

"Sesuai dengan fungsi dan peran masing masing," ujar salah satu advokat ternama di Cianjur ini. 

Akan tetapi, lanjut Odden, adanya peredaran  spanduk atau baliho BHS-M yang tidak dicanumkan salah satu partai politik pengusung, hal ini merupakan tanda tanya besar? secara sosial politik.

"Tidak dicantumkan dalam spanduk, lambang salah satu partai pengusung tersebut diduga merupakan persaingan internal partai koalisi pengusung BHS-M, atau diduga adanya akan kesengajaan secara sadar," terang Odden.

Hal tersebut, bisa mencerminkan atau memperlihatkan koalisi partai pengusung dan pendukung BHS-M diduga tidak solid serta masih belum terintegrasi pola kerja sama antara partai pendukung dengan baik.

Menurut Odden, profesional ini merupakan presiden politik buruk,  persaingan dan aksesbility partai pendukung pasangan calon BHS-M sangat kelihat terbuka secara jelas oleh publik. 

"Jelas, ini akan berdampak besar dan bisa menghambat untuk kemenangan BHS-M untuk melaju dalam Pilkada 2020 nanti," katanya menilai hal tersebut.

Odden menambahkan, kejadian ini kalau tidak segera diselesaikan dengan loby politik yang baik oleh partai koalisi BHS. 

"Agar tidak blunder, dan secara politik akan dijadikan isu politik negarif oleh para lawan politik dalam Pilkada Cianjur 2020," pungkasnya.(Yad)
Komentar

Tampilkan

Terkini