-->

Kebut Secara Maraton! Begini Program Baru Pembinaan Karang Taruna Cianjur

Bidik Nusantara
Friday, 14 August 2020, 20:08 WIB Last Updated 2020-08-14T13:12:32Z

CIANJUR- Secara maraton jajaran pengurus Karang Taruna Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kini sedang fokus, geber melantik (pengukuhan) juga pembinaan kepengurusan tingkat desa di beberapa kecamatan. Seperti halnya, pengukuhan pengurus  Karang Taruna Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku, Jumat (14/8/2020).

Ketua Karang Taruna Kabupaten Cianjur, Mudrik menggatakan, pengukuhan saat ini tujuan intinya ada satu model terobosan baru yaitu melalui UMKM. Jadi berapa anggaran di desa. Artinya, bisa menjadi suatu prioritas untuk kelembagaan Karang Taruna.

"Pemerintah Desa (Pemdes) masing-masing, akan melibatkan Karang Taruna, karena sebagai mitra," katanya, saat dikonfirmasi langsung selesai melantik pengurus Karang Taruna Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku.

Pengukuhan tersebut, sekaligus sosialisasi Peraturan Menteri Sosial (Permensos) 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna adalah peraturan baru, menggantikan Permensos Nomor 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna dan Peraturan Menteri Sosial Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Karang Taruna.

Mudrik menyambungkan, lalu terobosan baru lainnya. Pada prinsipnya sudah berkunjung secara maraton ke beberapa desa diantara ke Karang Taruna Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur. Sebelumnya  ke Desa Kalapa Nunggal, Kecamatan Cikadu, Cianjur Selatan (Cisel), dan Desa Giri Jaya, Kecamatan Pasirkuda.

"Sangat merespon baik, mungkin selama ini kurang pembinaan. Jadi kita saat ini fokus," jelasnya.

Karena, masih papar Murdik, Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 25, dimana Permensos 77 Tahun 2012 sudah dicabut, hal kaitan dengan Karang Taruna, saat ini menjadi lima tahun sebelumnya tiga tahun masa jabatan kepengurusan.

"Ya, tentunya ke depan pembinaan tidak akan berkurang, akan terus dilakukan. Lalu, kaitan dengan UMKM, dari Musdus berapa? anggaran yang harus menjadi prioritas untuk Karang Taruna," pungkasnya.

Sementara, safari secara maraton berkunjung dilakukan diantaranya Kecamatan Cikalong, Cianjur, Kecamatan Cilaku, Sidangbarang. Lalu, Kecamatan Cikadu.

Sebagai penutup, Ketua Karang Taruna Kabupaten Cianjur ini menambahkan, nanti sore berangkat ke Kecamatan Takokak, Pasirkuda sudah. Dan, mungkin setelah selesai berkunjung ke Takokak, itu akan berlanjut ke  Kecamatan Sukaresmi dan Karang Taruna Sukanagara.

Terpisah, Ketua Karang Taruna Desa Sukasari, Tery Usman alias kang Odes mengatakan, intinya Karang Taruna Desa Sukasari, bisa lebih maju dan berkembang, tentunya dalam segala hal atau sektor dan bidang.

"Terutama mengenai gerakan sosial dan keagamaan. UMKM juga, biar pada maju. Jangan sampai ada yang menganggur, istilahnya ada pemberdayaan," singkatnya.(Yad)
Komentar

Tampilkan

Terkini