-->

Jamkeswatch Bogor: HUT RI Ke-75 Momentum untuk Memperbaiki Pelayanan Kesehatan

Bidik Nusantara
Monday, 17 August 2020, 23:27 WIB Last Updated 2020-08-17T17:00:50Z

BOGOR - Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun yang jatuh pada hari Senin 17 Agustus 2020 di pastikan berbeda perayaan-nya dari tahun sebelumnya, mengingat tahun ini Perayaan dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. 

Aden Arta Jaya Ketua DPD Jamkeswatch Bogor Raya mengatakan, dalam hal ini Jamkeswatch Bogor Raya mengajak masyarakat khususnya para relawan untuk tetap semangat dalam merayakan hari kemerdekaan dan memaknai hari bersejarah bangsa Indonesia.

"Jamkeswatch Bogor melihat dan mendapatkan permasalahan laporan tentang pelayanan kesehatan yang ada di kabupaten bogor di antaranya kesulitan mencari rujukan terutama kasus - kasus yang membutuhkan ruangan intensif serta beberapa dokter spesialis (jantung anak dan bedah anak), iur biaya dalam pelayanan kesehatan seperti contoh iur biaya obat, ambulans, darah, pemeriksaan penunjang seperti lab dan lain-lain," tutur Aden melau pres release kepada redaksi, Senin (17/8/20).

Ia menegaskan, di hari kemerdekaan ini Jamkeswatch Bogor meminta pemerintah bisa melakukan pungsi pengawasan dan tindakan bagi fasilitas kesehatan yang masih melakukan pelanggaran pelayanan kesehatan tidak sesuai peraturan perundang-undangan atau peraturan yang berlaku.

Disamping itu, kata dia, jamkeswatch Bogor meminta pemerintah bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan agar memadai dan mudah di jangkau. "Dalam hal ini jamkeswatch bogor menyoroti jaminan pelayanan kesehatan perlu juga perhatian bagi warga kurang mampu untuk di dorong mendaftarkan jaminan kesehatan yang di biaya pemerintah agar saat sakit tidak lagi terkendala biaya," paparnya.

Ia menjelaskan, sesuai undang-undang Dasar 1945. Pasal 28H: Ayat (1): Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Ayat (2): Setiap orang berhak mendapatkan kemudahan dan perlakukan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan. Ayat (3): Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.

Pasal 34: Ayat (1): Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Ayat (2): Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan. Ayat (3): Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak.

Selain itu, lanjutnya, perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 akan menjadi gerak penyatuan modal bangsa untuk bangkit di masa pandemi sesuai tema "INDONESIA MAJU".

"Indonesia mempunyai modal besar seperti semangat persatuan, gotong royong, kepedulian sosial serta dalam sila ke - 5 sudah di jelaskan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jamkeswatch Bogor mengajak agar perayaan Kemerdekaan Indonesia ke-75 menjadi momen pemerhati, kekompakan dan mempunyai ikatan sosial seluruh bangsa," harap Aden.

Komentar

Tampilkan

Terkini