-->

Cinta Lingkungan, Warga Bogor Laksanakan Aksi Masal Cabut Paku Jelang Hut RI ke-75

Bidik Nusantara
Monday, 17 August 2020, 15:15 WIB Last Updated 2020-08-21T02:06:56Z
BOGOR - Rasa kecintaan terhadap lingkungan diimplementasikan dengan aksi masal untuk menjaga lingkungan digencarkan sejumlah elemen masyarakat dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 75. Kegiatan itu salah satunya membersihkan lingkungan termasuk membersihkan pohon dari spanduk dan paku berbagai tempat di Kota Bogor

Selama ini pohon dijadikan media untuk memasang spanduk dengan menggunakan paku serta kawat. Dikatakan Koordinator Kota Bogor Putra Sungkawa, acara perdana serentak di Kota Bogor ini mengusung tema aksi Masyarakat Sadar Lingkungan (Massal). Dalam kegiatannya yakni melakukan pembersihan paku dan iklan baik banner atau spanduk reklame yang terpasang bukan pada peruntukannya di wilayah Kota Bogor.

“Kegiatan ini dalam rangka merayakan hari kemerdekaan RI ke-75 yang diisi dengan kegiatan aksi Massal yakni dengan membersihkan tali plastik, paku dan spanduk-spanduk liar yang terpasang pada pohon yang berada di jalan-jalan protokol Kota Bogor,” ungkapnya yang juga seorang pesilat ini kepada Wartawan Senin (17/8/2020).

Sebelum melakukan aksi sosialnya ini, ratusan personel yang diterjunkan di sejumlah titik di Kota Bogor tersebut tetap melaksanakan upacara bendera peringatan hari kemerdekaan yang digelar di halaman Kantor Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Bogor.

“Kita tetap melaksanakan penghormatan bendera merah putih sebelum berangkat melakukan aksi pembersihan ini dan alhamdulillah berjalan dengan baik, kedepan kegiatan ini akan secara berkala dilakukan secara rutin,” ucapnya.

Sementara itu, Putra berharap dengan aksinya ini dapat menyadarkan warga masyarakat dengan kepeduliannya terhadap lingkungan. Karena menurutnya, keindahan Kota Bogor tak lepas dari campur tangan warganya, dan membersihkan pohon dari iklan iklan paku yang menempel adalah merupakan Giat dari pada Konsorsium Massal yang sering dilakukan di Daerah Subang sementara di Kota Bogor sendiri merupakan Giat Perdana yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI yang ke 75.

Aksi ini dapat terlaksana dan berjalan berkat dukungan dari semua banyak pihak, turut pula dalam aksi ini Paguyuban Mojang Jajaka Kota Bogor yang antusias serta semangat dalam melaksanakan Giat MASSAL tersebut. Acungan jempol untuk Paguyuban Moka Kota Bogor, yang peduli pada lingkungan hidup

“Kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menanamkan kepedulian lingkungan sebisa mungkin dimulai sejak dini, karena dalam hal ini secara tidak langsung dapat membantu pemerintah Kota Bogor khususnya untuk tetap menjaga kebersihan agar terciptanya keindahan Kota Bogor ini,” ujarnya

Ditempat yang sama, Ryan Poerpratama Pemimpin redaksi Bharatanews dan serta salah satu pemerhati lingkungan mengutarakan bahwa giat Massal ini merupakan kegiatan yang dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya lingkungan.

" Aksi cabut paku dan kawat yang dilakukan aksi masal diharapkan menjadi stimulans bagi warga kota untuk terus peduli lingkungan. Sebab paku yang ditancapkan di pohon akan menyakiti atau membunuh usia pohon. Kegiatan ini sebagai bukti komitmen seluruh lapisan elemen masyarakat untuk menjaga bumi dan lingkungan, Sebab masalah lingkungan bukan hanya isu lokal melainkan internasional dan bahkan agama, oleh karenanya gerakan yang diinisiasikan oleh Laskar Padjadjaran ini merupakan kegiatan yang mulia disaat merayakan hari kemerdekaan Indonesia, dan anggap saja memerdekaan pohon dari kekangan paku, kawat dan spanduk" pungas Ryan Poerpratama Senin (17/08).

Sementara itu, Pimpinan Redaksi Bidik Nusantara Sugandi mengatakan, aksi cabut paku tersebu adalah kegiatan posotif, yang mana bukan hanya pengiat lingkungan akan tetapi wartawan juga harus ikut berperan dalam menjaga lingkungan. "Kita buktikan kalau wartawan juga punya peran bukan sekedar mengambil gambar dan menulis artikel akan tetapi kita juga ikut bekerja dalam menjaga lingkungan," katanya.

Menurutnya, pohon adalah mahluk hidup dan memiliki manfaat yang banyak untuk kehdupan, sama halnya seperti manusia membutuhkan kasih sayang dan perawatan. "Maka dari itu saya mengajak mari kita sama-sama untuk merawat pohon. Karena (pohon-red) menyediakan oksigen bagi makhluk hidup. Ia juga dapat membantu menyimpan energi, membersihkan air, dan membantu melawan perubahan iklim," jelasnya.(E. Junaedi)
Komentar

Tampilkan

Terkini