-->

KRL Bougenvile RW 07 Ajak Masyarakat Peduli lingkungan

Bidik Nusantara
Monday, 6 July 2020, 07:16 WIB Last Updated 2020-07-06T00:39:16Z

KAB.BOGOR - Memiliki lingkungan bersih dan sehat nyaman dan aman terhindar dari segala penyakit adalah harapan setiap manusia.

Salah satuya yang dilakukan sejumlah warga yang tergabung dalam kelompok Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Bougenvile RW 07, Desa Pasirlaja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, yang memiliki tujuan untuk menata lingkungan yang terlihat berantakan akibat kurangnya peawatan.

Seperti halnya yang disampaikan Agung Purwoko Sekretaris KRL Bougenvile RW 07, dirinya mengaku merasa terpanggil untuk merawat lingkungan yang tidak terawat apalagi di jalur hijau. Sebelumnya, kata dia, hanya sekedar sistim gotong royong di lingkungan RT-RT yang ada di jalur hijau, dari mulai RT 01sampai 08 dan belum terkordinir di salah satu wadah yaitu KRL.

Terbentunya KRL di RW 07 sediri, kata Agus, itu berwal dari komunitas anak-anak muda yang dima dirinya sendiri adalah selaku pembina di komunitas tersebut. "Cikal bakal terbentuknya KRL itu adalah berawal dari kegiatan anak-anak muda komunitas kaula muda Bougenvile yang juga sebagai cikal bakal terbentuknya Karang Taruna," jelas Agung Minggu, (05/07/20).

KRL yang sudah berjalan satu tahun lebih itu, kata Agung, memiliki 8 pengurus aktif yang ada di 8 RT (ketua RT) untuk memudahkan sosialisasi di masing-masing RT. 

Sebagai salah satu bentuk buktinyata dan untuk menunjang lingkungan bersih, kata dia, KRL juga sudah membentuk tabungan atau Bank sampah. "Meskipun belum terorganisir, namun kita terus meningkatkan pengelolan sampah dengan cara mendaur ulang memanfaat kan hasil dari kreasi warga," terang Agus.

Agus berharap, dengan adanya KRL ini, masing-masing warga bisa ikut tergerak untuk merawat lingkungan." Kalau lingkungan kita bersih, sehat dan nyaman tentunya kita juga akan nyaman juga untuk tingal. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan merawat dan mengelola," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Jampedas, R. Mursid menambahkan, sebagai orang yang bergerak dibidang lingkungan, piahaknya siap untuk memberikan pengetahuan dan inovasi kepada KRL Bougen Vile RW 07.

"Kami akan memberikan lebih banyak praktek tentang penanggulangan lingkungan dengan memfokuskan SDM berkarakter sehingga KRL yang Bougen Vile RW 07 ini bukan hanya mengejar prestasi dalam lomba, akan tetapi lebih menekankan inovasi dan Edukasi kepada masyarakat," pungkas Mursid. (GN)
Komentar

Tampilkan

Terkini