-->

LBH I20I GEMBLENG MATERI DASAR, KETERAMPILAN HUKUM, DAN PRAKTEK PENANGANAN PERKARA

Bidik Nusantara
Sunday, 28 June 2020, 14:22 WIB Last Updated 2020-06-28T07:23:29Z

BOGOR - LBH I20I Menyelenggarakan pelatihan dan pembekalan bagi para pengurus-pengurusnya bertempat di Komplek Lippo Keboen Raya, Jalan Malabar I No. 17, Kota Bogor (Kantor Hukum J.A.W.A.R.A & ASSOCIATES), Sabtu 27 Juni 2020.

Pelatihan tersebut diikuti Peserta dari Perwakilan Pengurus DPP, Perwakilan DPD Kota/Kab Bekasi Raya, Depok, Bogor Raya dan beberapa Mahasiswa dari Fakultas hukum serta Calon Advokat-Advokat.

Kepala Divisi Kajian dan Pelatihan Dewan Pimpinan Pusat LBH I20I, M.S Arrijaal, S.H.,M.H. menjelaskan pelatihan ini merupakan program rutin  setiap Hari Sabtu Pkl 12.00 WIB s/d 16.00 WIB yang diselenggarakan LBH I20I dengan menitikberatkan pada bidang Pembekalan dari Mulai Materi Hukum Dasar, keterampilan Hukum dan Praktik Penanganan Perkara dilapangan. 

"Dalam rangka terciptanya Sadar Hukum hingga Penegakan Hukum, tentu peran para Advokat dan pegiat-pegiat Hukum yang mumpuni sangatlah dibutuhkan untuk hadir dalam rangka mencerdaskan bangsa di bidang hukum dan menjadi corong keadilan, oleh karenanya kami mencoba berperan nyata dalam mempersiapkan insan-insan hukum dengan pembekalan, baik secara teoritis hingga tataran praktis yang sifatnya berjenjang dari "Kelas A (Materi Hukum Dasar), Kelas B (Keterampilan Hukum), Kelas C (Kemahiran Praktik Hukum)", dan Meteri dan Metode Pembekalannya pun kami lengkapi dengan Silabus dari mulai Materi Hukum Dasar Seperti Pengertian Hukum hingga Mazhab-mazhab Hukum, Keterampilan Hukum seperti membuat Surat Kuasa, Somasi, Gugatan dan lain sebagainya, lalu setelah dianggap layak maka selanjuntya akan di libatkan terjun langsung dalam penanganan berbagai perkara- perkara, harapannya untuk semua peserta kedepan mampu melakukan kajian- kajian hukum yang baik lengkap dengan solusinya dan juga mampu memberi pelayanan hukum yang profesional di tengah-tengah masyrakat," papar Advokat dari Kantor Hukum J.A.W.A.R.A & ASSOCIATES ini.

Ia menambahkan, sebenarnya program ini adalah penyempurnaan dari program yang sudah kami jalankan selama ini di Kantor Hukum kami J.A.W.A.R.A & ASSOCIATES, kebetulan kantor kami mulai tahun 2020 ini sudah mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tempat magang beberapa Mahasiswa - Mahasiswi yang sedang melaksanakan Praktik Lapangan dari beberapa Fakultas Hukum Universitas di kota Bogor.

Seiring berjalannya waktu, kata dia, kami mencoba memfasilitasi  membangun sebuah wadah untuk tempat pengaplikasian di LBH ini ditambah beberapa Advokat-Advokat Magang supaya bisa bersama sama dan terlembaga untuk melatih diri dalam praktik hukumnya dan dipersiapkan secara matang untuk mampu membela warga negara dan kepentingan publik," beber Pria Jebolan Megister Hukum Universitas Gajah Mada ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penanganan Perkara Dewan Pimpinan Pusat LBH I20I Sona Pernandi, S.H. menambahkan, dalam konteks praktik penangan Perkara, kedepan para peserta yang sudah dianggap layak dan cukup dalam materi hukum dasarnya akan secara otomatis dilibatkan dalam berbagai penanganan perkara baik perkara-perkara publik maupun privat dengan tujuan supaya mampu mengimplementasikan ilmu yang telah diberikan di tataran praktik hukumnya dilapangan, banyak aspek-aspek selain teori yang tentu diberikan dilapangan karena semua teori itu harus di uji di tataran praktik dengan terjun dilapangan, semoga saja LBH kami mampu berkontribusi nyata dalam pelayanan hukum ditengah masyarakat.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat LBH I20I Widya Wahyu Savitri, S.H menjelaskan, secara kelembagaan. "Kami sebenarnya memiliki beberapa program priortitas yang dalam waktu dekat akan kami realisasikan namun saat ini kami masih tahap pembekalan- pembekalan internal baik pengurus Pimpinan Pusat dan Daerah sebelum terjun dalam pelayanan hukum ditengah masyarakat," imbuhnya

Kedepan, kata dia, kami sedang persiapkan untuk sebuah medium atau chanel hadir dan menyediakan berbagai materi materi hukum untuk memberi pencerahan pencerahan hukum kepada masyarakat yang akan di isi oleh para pengacara- pengacara handal baik nasional maupun lokal, dan semoga bermamfaat bagi masyarakat," ucap Srikandi Hukum yang sedang menempuh Pendidikan Magister di Universitas Jayabaya ini.

Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat LBH I20I Dedy Syahputra, S.E. menambahkan secara kelembagaan. "Kami saat ini sedang membangun komunikasi- komunikasi ke berbagai elemen masyarakat dalam rangka membangun sinergitas untuk penyelenggaraan pelatihan Paralegal dan sudah ada beberapa yang bersedia baik dari kelompok-kelompok masyarakat maupun lintas perkumpulan- perkumpulan profesi, serikat- serikat, dan lain sebagainya, disamping itu program yang kami tawarkan yaitu usaha-usaha yang bersifat produktif dan legal tentunya karena bagaimanapun lembaga kami sadar akan membutuhkan berbagai sumberdaya untuk menjalankan program-program yang telah kami canangkan. 

Ketua Umum LBH 1201 Richard Angkuw SH., MH.(Ricky), menerangkan bahwa LBH I20I ini hadir untuk masyarakat dan lahir dari masyarakat yang mencoba mengambil peran dalam berbagai kegiatan hukum berupa Pelatihan, Pendampingan, serta membangun sinergitas bagi seluruh lapisan masyarakat dan juga para Penegak hukum dalam rangka pelayanan hukum yang prima. 

"Khusus terkait pembekalan dan pelatihan di LBH kami, sebelum mereka turun ke lapangan perlu adanya pembekalan-pembekalan internal terlebih dahulu karena jangan sampai memberi pelayanan hukum ditengah masyarakat berujung malpraktik karena kurangnya kompetensi dan keterampilan hukumnya, kan kasihan juga masyarakat yang butuh pelayanan hukum khususnya pencari keadilan.

Ricky Angkuw juga mengharapkan kepada seluruh perserta dari kegiatan tersebut mendasari program sadar hukum bagi masyarakat umumnya," imbuhnya.(*)



Sumber: LBH 1201
Komentar

Tampilkan

Terkini