-->

PIA FPD DPR RI Bersama Demokrat Gotong Royong Hadapi Corona

Bidik Nusantara
Saturday, 4 April 2020, 14:42 WIB Last Updated 2020-04-05T07:50:11Z

BEKASI - Luar biasa, Persaudaraan Istri Anggota Fraksi Partai Demokrat (PIA FDP) DPR RI turut bergerak bersama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Bekasi, PIA melakukan aksi berantas Virus corona dengan menyemprotkan cairan disinfektan kesejumlah fasilitas umum, pusat keramaian dan permukiman warga di kawasan Kota Bekasi.
"Fraksi Partai Demokrat (FPD) sudah bergerak di berbagai kota. Kami melakukan penyemprotan di Bekasi, karena juga sudah termasuk 'kawasan merah' (red zone). Kita ingin berpartisipasi melindungi masyarakat,'" ujar Ketua PIA, Aliya Rajasa Baskoro Yudhoyono.

Pihaknya berharap agar masyarakat terbebas dari wabah berbahaya tersebut. Kegiatan ini dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus serta mensosialisasi warga guna hidup sehat dan sadar akan adanya resiko terpapar atau menjadi pembawa "carrier" virus tersebut.

Penyemprotan disinfektan di Kota Bekasi, dilakukan di permukiman, wilayah terminal, pasar serta rumah ibadah.
Penyemprotan yang dilakukan menghabiskan lebih dari 300 liter cairan disinfektan dengan jumlah petugas 10 orang yang dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) sesuai standar WHO berupa baju pelindung, Google Glass, Sarung Tangan, Masker dan sepatu boot. Kebutuhan penyemprotan ini diinisiasikan secara mandiri oleh PIA bersama UKM/IKM binaan yang memproduksi APD.

Aliya menegaskan bahwa kegiatan Fraksi Partai Demokrat tersebut akan berjalan terus menerus setiap hari minimal satu bulan kedepan, dan fokus pada zona merah kawasan Jabodetabek, Banten, Jateng dan Jatim hingga keadaan benar-benar membaik. "Pokoknya kita bergerak, cari APD sendiri, menggandeng lembaga usaka kecil binaan. Karena APD saja sekarang langka dan pemerintah pun kesulitan menyediakannya. Jadi kita produksi sendiri, sesuai standar medis mengacu pada WHO - standard protocol covid19," kata Aliya.

Langkah konkret ini, berkesinambungan dengan rekomendasi FPD untuk pemerintah beberapa waktu lalu, terkait penananganan Covid-19. Sebagaimana disampaikan dalam rekomendasi tersebut, FPD melakukan segala upaya dan daya turut serta dalam penanganan wabah corona. FPD siap bekerjasama membantu menghilangkan kecemasan dan mengurangi derita rakyat.

Maka FPD secara aktif di berbagai tempat melakukan aksi seperti fogging, semprot disinfektan keliling, pembagian masker, hand sanitizer dan, pemberian APD bagi tim medis. Dalam salah satu rekomendasinya, FPD mengingatkan dan mendorong terus terciptanya kolaborasi, Koordinasi, dan aksi tanggap, cepat, tepat antara pemerintah pusat dan daerah dengan seluruh stakeholder di dalam dan luar negeri.
"Jadi, yang kami lakukan ini merupakan langkah nyata dari gerakan nasional Demokrat lawan corona. Demokrat mengambil langkah konkret dalam upaya memutus mata rantai virus. Di atas itu, tentu ini diperuntukan untuk rakyat yang saat ini diliputi kecemasan dan kekhawatir," paparnya.

Diakhir kalimat, Aliya menghimbau masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol Covid-19. "Pemerintah bekerja, kita juga aktif, dan masyarakat ikut protokol. Jangan remehkan pentingnya menjaga kesehatan dengan rajin cuci tangan, self hygiene, melalukan social distancing, makan makanan bergizi, olahraga dan cukup istirahat," tukasnya. (NC)
Komentar

Tampilkan

Terkini