Penjual Satwa Dilindungi Diciduk Anggota Polres Ponorogo - Bidik Nusantara

Rabu, 29 April 2020

Penjual Satwa Dilindungi Diciduk Anggota Polres Ponorogo

PONOROGO - Luar biasa, Korps Bhayangkara di Bumi Reyog dalam melindungi satwa langka yang dilindungi membuahkan hasil. Pasalnya anggota Polres Ponorogo berhasil mengamankan AA (27 th) warga Jalan Gajah Mada, RT. 08, RW. 02, Keluruhan Mangunharjo, Kecamatan Mangunharjo, Kota Madiun, Senin (27/4/2020) sekitar pukul 21.00 WIB di depan SPBU Babadan Jalan Raya Madiun-Ponorogo atas informasi dari masyarakat melalui medsos, facebook.

Dalam penjelasannya, Kapolres Ponorogo, AKBP Arief Fitrianto, anggota Polres Ponorogo berhasil mengamankan AA karena terbukti menyimpan, memelihara dan memperdagangkan satwa yang dilindungi dalam kehidupan. "Tersangka AA kita kenakan pasal 40 ayat (2) Jo Pasal 21 ayat (2) huruf a UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan Ekosisitemnya," ujar AKBP Arief Fitrianto saat Pers Release di Mapolres Ponorogo, Rabu (29/4/2020).

Menurut dia, tersangka AA terancam hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00. Adapun barang bukti yang diamankan antara lain 2 ekor burung kakak tua jambul kuning, 1 ekor burung nuri kepala merah, 1 ekor burung nuri kepala hitam dan 2 sangkar burung dari kawat besi serta 2 buah kotak plastik tempat buah untuk menyimpan burung.

Masih menurutnya, saat ini pihaknya juga mengamankan 1 unit sepeda motor matik dan 1 unit handphone. "Kami juga amankan uang tunai sebesar Satu Juta Rupiah dari hasil transaksi menjual burung," pungkasnya. (NC)
Comments


EmoticonEmoticon