Kades Benanen II Imbau Masyarakatnya Bercocok Tanam - Bidik Nusantara

Sabtu, 25 April 2020

Kades Benanen II Imbau Masyarakatnya Bercocok Tanam

MUARA TEWEH - Untuk Mengantisipasi dampak wabah Covid-19 Kepala Desa Benangin II, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menghimbau masyarakatnya melakukan kegiatan bercocok tanam dan selalu tepap hidup mandiri. 

Hal itu, tertuang dalam surat Kepala Desa Benangin ll, nomor 28/HIM/DS-BN-ll/lV/2020. Pada Hari Jum'at 24 April 2020.

Dalam surat yang di tandatangani Kepala Desa Benangin II Sabarson meminta warganya untuk melakukan kegiatan yang produkitf. Baik itu menanam umbi-umbian, palawija, buah-buahan, sayuran dan tanaman obat-obatan.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan cocok tanam, seperti singkong, umbi-umbian, komoditas pangan lainnya, baik itu hortikultura atau palawija antara lain buah-buahan, sayuran dan tanaman obat-obatan," tulis Kades dalam surat.

Selain itu, ia juga meminta warga agar memanfaatkan lahan secara optimal. Baik itu lahan pekarangan dan kebun. Karena, kata dia, kegiatan ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dengan memanfaatkan lahan atau pekarangan kosong dalam menghadapi kemungkinan terjadinya wabah Covid-19 yang berkepanjangan mengakibatkan lumpuhnya ekonomi masyarakat," tuturnya.

Disamping itu, pihaknya juga tetap menekankan warganya untuk menjaga diri dan keluarganya supaya terhindar dari Virus Corona. "Saya tekankan agar warga terap jaga kesehatan, rajin mencuci tangan dan tidak mendatangi kerumunan banyak orang. Karena kata dia, berdasarkan penelitian bahwa terjangkitnya Virus Corona ini adalah melalui tangan atau datangnya dari seseorang yang sudah terjangkit sebelumya.

"Oleh kerena itu, hentikan kebiasaan mengusap muka, karena Virus Corona ini menginfeksi/menyerang manusia melalui mulut dan hidung. Makanya supaya tidak panik dan terhindar dari virus ini, lebih baik kita berpikirlah positif, tetap hidup mandiri dengan mengurus kebun dan bercocok tanam setiap hari," kata Sabarson. (Yudi)
Comments


EmoticonEmoticon