Akibat Penyempitan Kali, Jalan Tanah Baru Banjir - Bidik Nusantara

Jumat, 17 April 2020

Akibat Penyempitan Kali, Jalan Tanah Baru Banjir

BOGOR - Hujan lebat yang mengguyur Kota Bogor sejak sore, Jumat (17-04-20) membuat beberapa wilayah terendam banjir, salah satunya di Jalan Tanahbaru Kecamatan Bogor Utara tepatnya dijembatan komplek PLN.
Selain mengenangi badan jalan hingga menyulitkan pengendara melintas, banjir juga mulai memasuki rumah warga hingga ketinggian sebatas lutut orang dewasa. 

Jamil, salah satu pengendara sepeda motor mengatakan, dirinya terpaksa harus memutar arah lewat jalan alternatif. 

"Saya tidak berani melintas, karena ketinggian air sudah mencapai setengah roda, takut motor mogok. Jadi mau tidak mau terpaksa saya putar balik untuk menuju pulang  ke sukaraja," ujar Jamil.

Hasan salah seorang warga setempat mengatakan, banjir yang menggenangi Jalan tersebut bukan hal baru, karena sudah menjadi langganan banjir apabila terjadi hujan deras. 

Menurutnya, genangan air ini dipicu karena drainase atau saluran air tersumbat sampah. Selain itu kata dia, banyaknya bangunan yang mempersempit badan kali yang berada disekitar jalan tersebut.

"Penyebab banjir ini karena adanya penyempitan kali, Sehingga saluran air atau irigasi tidak berfungsi secara optimal. Dengan kondisi ini otomatis tidak bisa menampung derasnya air hujan, dan meluap ke badan jalan," ungkap Hasan.

Ia berharap pemerintah segera memperbaiki saluran irigasi dan menertibkan bangunan- bangunan yang mempersempit kali tersebut.(Mur)
Comments


EmoticonEmoticon