Menyusul Terus Merebaknya Kasus Covid 19, Gubernur Jabar Ajak masyarakat Lakukan Salam Sunda

Bidik Nusantara
Saturday, 14 March 2020, 01:00 WIB Last Updated 2020-03-13T18:01:13Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

BANDUNG - Menyusul terus merebaknya kasus Covid 19. Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil mengajak masyarakat untuk melakukan Salam Sunda, yaitu merapatkan kedua tangan dan disimpan didepan dada sambil menganggungkkan kepala untuk mengganti salam berjabat tangan.

"Kami sudah menyepakati di Jawa Barat salamannya begini saja (merapatkan kedua telapak tangan) kalau ketemu, karena penyebaran virus itu dari bersin, batuk dan salaman berjabat tangan, setelah berjabat tangan megang muka masing-masing, nah itu sumbernya," kata Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil di Gedung Sate, Jum'at (13/03/20).

Usai Rapat Penanganan Covid 19 di Jawa Barat Melalui Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan dan Pengendalian Infeksi Covid 19, Emil menjelaskan, dengan Salam Sunda tersebut minimal ada gestur individual tanpa mengurangi rasa pertemanan dan persahabatan yang sebenarnya budaya Sunda sudah melakukannya.

"Saya kira Salam Sunda ini sudah menyimpulkan rasa hormat. Jadi kurangi jabat tangan dan cipika cipiki," imbuhnya.

Ia menegaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama DPRD Jawa Barat akan proaktif dengan melakukan tindakan-tindakan yang dianggap sangat dibutuhkan dengan situasional di lapangan yang kemungkinan berbeda terbaca secara umum.

"Total sampai kemarin kan kasus Covid 19 di Jawa Barat sekitar 650 yang terpantau, itu berproses 40% nya sudah negatif tidak ada gejala," pungkasnya. (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini