-->

Korwil Kota Bogor Merupakan Korwil yang Paling Aktif di Jawa Barat

Bidik Nusantara
Tuesday, 3 March 2020, 16:36 WIB Last Updated 2020-03-03T12:25:06Z

BOGOR - Ratusan Wartawan dari bebagai daerah diantaranya dari Provinsi Lampung, Sulawesi Tengah, Kepulauan Riau (Kepri), Jawa Barat dan daerah lainnya yang tergabung di Forum Pers Independent Indonesia (FPII) mendatangi Leuweung Geledegan Ecolodge, Senin (2/3/2020).

Kedatangan ratusan awak media di salah satu hotel bernuansa Glamour Camping yang berada Kampung Tamansari, Desa/Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor itu, tak lain untuk menghadiri Syukuran Hari Ulang Tahun FPII Ke - 3 yang diselenggarakan oleh FPII Koordinator Wilayah (Korwil) Kota Bogor, Sekretariat Wilayah (Setwil) Jawa Barat sebagai Tuan Rumah.

Dalam sambutannya, Ketua Presidium FPII Kasihhati menuturkan, bahwa Presidium menunjuk FPII Korwil Kota Bogor sebagai tuan rumah untuk penyelenggaraan HUT FPII yang Ke 3 ini sebagai apresiasi karena Korwil Kota Bogor merupakan Korwil yang paling aktif di Jawa Barat.

"Oleh karena itu, saya selaku Ketua Presidium dan Jajaran mengucapkan terima kasih kepada FPII Korwil Kota Bogor yang telah memfasilitasi tempat untuk perayaan HUT FPII Ke 3 ini," tutur Bunda Kasihhati, sapaan akrabnya.

Disamping itu, Bunda Kasihhati juga menegaskan kepada seluruh pengurus dan anggota FPII agar selalu menjaga marwah FPII serta berpegang teguh pada Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik dalam mencari dan memberikan informasi dan tidak menjadi budak Pemerintah.

"Kepada semua pengurus dan anggota FPII yang ada di Indonesia, kita harus bermitra kepada Pemerintahan, tetapi kita tidak boleh menjadi budak dan kacung penguasa, serta berpolitik dengan mengatasnamakan FPII. Karna kita sebagai media harus tetap independent, dan bagi anggota yang melanggar peraturan yang ada di FPII maka saya tidak akan segan-segan mengeluarkan dari keanggotaan," tegas Bunda Kasihhati.

Ia juga meminta kepada para penegak hukum untuk berkerjasama dan jangan cepat ambil sikap apabila ada laporan terkait pemberitaan dan langsung menangkap atau mengkriminalisasi wartawan.

"Kepada penegak hukum saya Presedium FPII meminta untuk berkerjasama dan jangan cepat ambil sikap apabila ada laporan untuk menangkap wartawan, silahkan dikaji terlebih dahulu UU Pers No 40 Tahun 1999. Kita punya hak jawab, jangan langsung main tangkap atau mengkriminalisasi wartawan," ujarnya.

Senada diungkapkan Ketua Presidium, sekretaris Nasional FPII, Wesly H Sihombing dalam sambutannya menambahkan, seharusnya siapapun ketika ada sengketa pers atau ada yang tidak suka dengan pemberitaan seharusnya yang bersangkutan membuat hak jawab, bukan langsung melaporkan.

"Dari sanalah salahsatunya FPII ini lahir selain untuk melawan berita hoax, juga karena Dewan Pers yang sudah melenceng dalam menjalankan UU Pers No 40 Tahun 1999, sehingga banyak terjadi kriminalisasi, intimidasi terhadap media dan wartawan. Karena Dewan Pers juga bukan Lembaga Pemerintahan," tukasnya.

Sementara itu, Ketua FPII Korwil Kota Bogor, Ibrahim Hermawan mengucapkan terima kasih kepada Ketua Presidium dan jajarannya yang telah memberikan kepercayaan kepada FPII Korwil Kota Bogor sebagai Tuan Rumah untuk menyelenggarakan HUT FPII Ke - 3.

"Saya mewakili anggota dan pengurus FPII Korwil Kota Bogor, Setwil Jawa Barat mengucapkan terimakasih kepada Ketua Presidium FPII, Ibu Kasihhati dan jajarannya yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjadi tuan rumah dalam acara HUT FPII Ke 3 ini, atas segala keterbatasan dan kekurangan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," ucap Ibra.

Diamping itu, Ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan dan jajaran FPII dari berbagai daerah yang telah hadir juga seluruh pihak yang telah mendukung hingga terlaksananya acara tersebut.

"Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara ini, terutama kepada pihak Management Leuweung Geledegan Ecolodge (LGE) yang sudah memberikan tempat dan fasilitas untuk acara ini. Juga untuk jajaran FKPPI & Bikers FKPPI Bogor, juga untuk seluruh pengurus dan angguta FPII Korwil Kota Bogor yang telah mengorbankan, waktu, tenaga dan materi," tuturnya.

Selain ratusan jurnalis dari berbagai daerah, acara HUT Organisasi yang telah memiliki sekitar 430 media itu dihadiri sejumlah Pejabat Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor, diantaranya Kepala Kesbangpol Kota Bogor yang mewakili Walikota Bogor, Diskominfo Kabupaten Bogor mewaklili Bupati Bogor, Kasubbag Humas Polres Bogor, Humas Polresta Bogor Kota, Danramil 2120 Ciomas berserta jajaran Korem 061/SK, Perwakilan dari Perumda Tirta Pakuan, Ketua dan Jajaraj dari FKPPI dan Bikers FKPPI Bogor serta tamu undangan lainnya. (FPII Kota Bogor)
Komentar

Tampilkan

Terkini