Generasi Muda Ponorogo Diminta Cegah Corona - Bidik Nusantara

Selasa, 17 Maret 2020

Generasi Muda Ponorogo Diminta Cegah Corona

PONOROGO - Penyebaran penyakit Covid-19 atau Corona yang meluas membuat Karang Taruna Kabupaten Ponorogo, Jatim angkat bicara. Melalui Ketua Karang Taruna Kabupaten Ponorogo, Ari Hersofiawanudin menghimbau para pengurus Karang Taruna (Kartar) Desa/Kelurahan se-Bumi Reyog berbagi informasi yang benar terkait Corona. 


"Saya menghimbau agar kawan-kawan Kartar Desa/Kelurahan berperan dalam memberikan informasi yang benar supaya masyarakat bisa memahami kondisi yang sedang terjadi sekarang ini," harap Ari Hersofiawanudin, Selasa (17/3/2020).


Selain itu menurutnya, hal itu penting sebab pemahaman masyarakat akan kondisi sekarang masih dianggap biasa-biasa saja. "Memang tetap tenang dan tidak panik itu betul tapi waspada itu lebih penting sebelum semuanya menjadi malapetaka karena ketidak pahaman kita dan karena miskinnya informasi terkait Covid - 19 atau biasa disebut virus corona," jelasnya.


Masih menurut dia mengatakan, sudah barang tentu Kabupaten Ponorogo sebagai kantong Buruh Migran Indonesia (TKI/TKW) yang sangat rentan dengan penyebaranya. "Sehingga kawan-kawan Kartar untuk ikut memberikan edukasi bagi mereka, lebih baik ke RSUD dulu dicek jangan langsung pulang ke rumah apabila ada TKI/TKW yang baru datang ke Ponorogo," pintanya.


Diberlakukanya beberapa kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemkab Ponorogo, Ari 'Bilowo' berharap seyogyanya untuk diikuti sebab apabila nanti terjadi  sesuatu hal tidak boleh saling menyalahkan. "Ini penting sekali karena kalau di lihat dengan diliburkanya sekolah kemudian adik-adik kita pergi dan berkelompok di warkop-warkop asik dengan main game misalnya ini justru akan tidak baik," tambahnya.


Dia berharap peran semua pihak termasuk generasi muda dalam ikut bersama-sama mencegah tersebarnya virus corona atau covid -19. "Mari kita saling menguatkan , bersama-sama melawan virus corona untuk menyelamatkan generasi muda dari covid -19," harapnya.


Lebih lanjut dia berharap para Pengurus Karang Taruna Desa/Kelurahan segera berkoordinasi dengan Bidan Desa/Puskesmas setempat dan RSUD. "Atau bisa menghubungi hotline 081345909288 apabila diduga ada gejala-gejala yang mirip atau pada kondisi yang terjangkit covid -19, karena hari ini peran pemuda di uji untuk lebih aktif di lingkungan sekitar," jelasnya.


"Mari bersama-sama memprotek diri sendiri, menjaga kesehatan, cuci tangan, olah raga cukup dan tentunya bisa memahami dengan akal sehat, saling berbagi informasi dan memberikan bantuan bagi mereka yang membutuhkan," pesannya. (NC)
Comments


EmoticonEmoticon