Elemen Ponorogo Kompak Cegah Corona - Bidik Nusantara

Minggu, 08 Maret 2020

Elemen Ponorogo Kompak Cegah Corona

PONOROGO - Ponorogo Fight Corona menuju Jatim Sehat melalui senam olahraga sehat diikuti ratusan orang dari unsur personel TNI/Polri, Jajaran OPD Pemkab Ponorogo serta komponen masyarakat dan pecinta olahraga senam di area Car free Day Jalan Suromenggolo, Ponorogo, Minggu (8/3/2020).

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Ponorogo  Sudjarno, Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Sigit Sugiharto, Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto, Wakil ketua DPRD Ponorogo Dwi Agus Prayitno, Kasdim 0802/Ponorogo Mayor Inf M. Yusuf, Wakapolres Ponorogo Kompol Indah Wahyuni, OPD Pemkab Ponorogo, Perwakilan direktur RS yang ada di Ponorogo, Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia Cab Ponorogo, Anggota TNI/Polri (Kodim dan Polres Ponorogo), Ketua Persit KCK Ranting Kodim 0802/Ponorogo Sigit Sugiharto beserta pengurus dan anggota, Ketua Bhayangkari Polres Ponorogo Ny. Arief Fitrianto beserta pengurus dan anggota serta masyarakat.

Kadinkes Ponorogo Kusdarini mengatakan bahwa pelaksanaan senam pagi penuhi Jatim sehat bertujuan menciptakan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani ditengah mewabahnya kasus Corona yang terjadi hampir di seluruh dunia.

"Sesuai data Dinkes Ponorogo untuk saat ini belum diketemukan kasus Corona di Ponorogo, semoga seluruh masyarakat Ponorogo selalu sehat dan tentunya kepedulian kita semua untuk sehat dan menjaga kebersihan lingkungannya masing masing," kata Kusdarini.

Wakil Bupati Ponorogo, Soedjarno mengatakan saat ini, di seluruh penjuru dunia sedang dihebohkan dengan pemberitaan mengenai penyakit yang diakibatkan oleh virus corona, yang juga dikenal dengan istilah COVID-19. 

"Bahkan WHO telah menetapkan COVID-19 sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional (Public Health Emergency of International Concern) yang beresiko terjadinya penularan antar negara. COVID-19 adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan, yang disebabkan oleh virus yang menular melalui droplet yang hingga saat ini belum ditemukan obat dan vaksinnya," papar Soedjarno.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Ponorogo untuk tidak panik namun tetap waspada dalam menghadapi COVID-19 ini. "Mari kita lakukan langkah – langkah pencegahan penularan COVID-19 mulai diri sendiri dan lingkungan. Menjaga area sekitar dan fasilitas bersama tetap bersih dan higienis dengan membersihkan permukaannya, seperti meja, telepon, gagang pintu, handrail tangga, toliet, dan fasilitas umum lainnya dengan desinfektan secara berkala," ujarnya.

Masih menurutnya, setelah terinfeksi, biasanya penderita akan mengalami gejala-gejala ringan mirip flu atau pilek selama 2 sampai 4 hari. "Agar dapat melakukan penanganan secepatnya, berikut gejala-gejala infeksi virus corona yang sebaiknya diketahui adalah kelelahan, radang tenggorokan, hidung berlendir, bersin-bersin, batuk, demam dan asma," papar Soedjarno.

Sementara itu AKBP Arief Fitrianto berharap melalui kegiatan olah raga bisa terjalain kebersamaan TNI/Polri, instansi pemerintah dan masyarakat. "Selain untuk menjaga kesehatan tubuh guna menunjang tugas pokok juga untuk berolahraga dan mengolah ragakan masyarakat  seiring maraknya virus Corona yang tersebar hampir di seluruh dunia. Sehingga tubuh menjadi sehat terhindar dari virus yang mematikan tersebut," ungkap Arief. (NC)
Comments


EmoticonEmoticon