Direktur LBH Hidayattulah: Jaga Diri Jaga Jari Ditengah Wabah Corona - Bidik Nusantara

Senin, 30 Maret 2020

Direktur LBH Hidayattulah: Jaga Diri Jaga Jari Ditengah Wabah Corona

BOGOR - Direktur LBH Hidayattulah DR Dudung Amadung Abdullah, SH ingatkan masyarakat untuk menjaga diri dan Jari ditengah wabah Corona.

Dengan merebaknya wabah corona ini, menurut Dudung, sangat penting menjaga diri dan meningkatkan imunitas, serta meningngkatkan iman kepada Allah SWT. 

"Meningkatkan imun tubuh dengan pola hidup sehat dan mengikuti aturan-aturan dari petugas medis serta meningkatkan iman kita dengan cara terus menerus mendekatkan diri kepada Allah," kata Dudung, Minggu (29/03/20).

Dalam kesempatan itu, Dudung berpesan, agar masyarakat bersama-sama menjaga jari. Karena, kata dia dengan pemberitaan wabah corona yang banyak tersebar dimana-mana jangan sampai terjerat hukum.

"Jaga jari kita jangan sampai menyebar berita-berita hoax, berita-berita bohong karena kawan-kawan bisa terjerat UU ITE No 19 Tahun 2016 sebagai pengganti dari UU No 11 Tahun 2008 tentang UU ITE," imbuhnya.

Maka dari itu, jaga jari kita jangan sampai menyebar berita hoax karena kawan-kawan juga bisa terjerat UU No 1 Tahun 46 tentang peraturan hukum pidana. Kalau umpama ada berita cek & ricek saring sebelum shering kemudian cek validitas berita tersebut sumbernya dari mana apakah valid atau otoritatif atau tidak," sambungnya.

Selain itu, Ia juga mengingatkan masyarakat untuk membedakan antara mengkritik dan membuly. "Jaga jari kita, jangan sampai ditengah wabah corona ini menghujat orang lain, menghina orang lain dan membuly orang lain. Bedakan antara mengkritik dan membuly, antara memberi masukan dan menghujat.

Karena, kata dia, ketika kita sudah menghujat, menghina kemudian membuly orang lain dengan steatement- steatement kita di media sosial atau dimana pun. Maka kemudian ada UU ITE, ada UU No 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi, UU No 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana yang dapat menjerat kita," paparnya.

Sekali lagi jaga diri kita, jaga jari kita jangan sampai karena genit menggunakan jari kita berujung kriminalisasi," tegas Dudung. (Din/GN)
Comments


EmoticonEmoticon