-->

Bupati Bogor Tinjau Korban Dampak Gempa Bumi di Kampung Cisalada

Bidik Nusantara
Friday, 13 March 2020, 00:36 WIB Last Updated 2020-03-13T17:38:51Z
KAB.BOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin tinjau dan berikan bantuan logistik kepada para korban dampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.0 SR yang berpusat di Timur Laut Kabupaten Sukabumi, di Kampung Cisalada, Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, Rabu (11/3)

Saat mengunjungi lokasi pengungsian, Bupati menginstruksikan langsung kepada Camat dan Kepala Desa untuk memindahkan lokasi pengungsian dan segera mendistribusikan bantuan terutama untuk balita dan lanjut usia.

"Bantuan segera distribusikan kepada para pengungsi, lokasi pengungsian juga kalau bisa dipindahkan ke tempat yang lebih baik. Harus nurut dan patuh kepada Pa Camat dan Kepala Desa, karena nanti mereka yang akan mengurus bapak dan ibu-ibu semua," kata Ade Yasin.

Dalam kesempatan itu, Ia mengatakan, telah intruksikan BPBD untuk membuatkan tenda pengungsian yang lebih aman dan nyaman dilengkapi dengan karpet. "Banyak warga yang khawatir gempa susulan kembali terjadi, sehingga mereka memilih tinggal ditenda. BPBD akan segera membangun tenda yang layak huni yang lebih bagus dan nyaman," tutur Ade.

Selain itu, kata Ade, pihaknya akan segera melakukan kajian  bekerjasama dengan geoapasial. Terkait adanya getaran yang terjadi diwilayah tersebut.

"Informasi yang kami dapat dari Kades, diluar dampak gempa bumi yang terjadi di Sukabumi. Wilayah itu sering terjadi getaran kecil mencapai 18 kali perhari. Kita akan cari tahu penyebabnya, untuk meminimalisir terjadinya korban kehilangan tempat tinggal bahkan nyawa," tukasnya.

Ditempat yang sama, Kepala BPBD Kabupaten  Bogor, Yani Hasan mmenuturkan, data sementara ada sekitar 339 bangunan rusak ringan, 33 rusak sedang dan 42 rusak berat. 

"Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, tenda pengungsian akan segera kami siapkan. Sementara logistik bekerjasama dengan Dinas Sosial hari ini didistribusikan. Mulai dari makanan, sembako, susu bayi dan lainnya," pungkasnya.


Sumber : Diskominfo Kabupaten Bogor
Komentar

Tampilkan

Terkini