Atang Tristianto Berharap DPRD dengan Peradi Bisa Sinergi Lebih Kuat - Bidik Nusantara

Rabu, 04 Maret 2020

Atang Tristianto Berharap DPRD dengan Peradi Bisa Sinergi Lebih Kuat

KOTA BOGOR - Jajaran Dewan Pengurus Cabang (DPC) Peradi Kota Bogor melaksanakan audiensi bersama pimpinan DPRD Kota Bogor.

Kedatangan Rombongan Peradi Kota Bogor itu, diterima langsung oleh Ketua DPRD Atang Trisnanto, Wakil Ketua Jenal Mutaqin, Safrudin Bima dan Dadang Danubrata, untuk membahas sejumlah program kerja.

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto mengatakan, banyak permasalahan yang dihadapi oleh warga Kota Bogor. Di mana, kata dia, seringkali warga tidak bisa mendapatkan perlindungan hukum secara proporsional, maka ini juga menjadi konsen utama DPRD dalam konteks pengawasan dan peran peradi dalam memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.

"Kita berharap DPRD dengan Peradi bisa bersinergi secara lebih kuat, sehingga konteks keadilan di mata hukum dan konsep keadilan di mata aturan, serta konsep keadilan di depan masyarakat bisa kita kedepankan," kata Atang usai melakukan audensi, Rabu (4/3/2020).

Menurutnya, DPRD Kota Bogor harus mampu menghasilkan produk hukum berupa peraturan daerah ataupun peraturan DPRD yang memang bisa menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat.

Terkait kerjasama ke-depan, kata Atang, antara DPRD dan Peradi, akan merekomendasikan untuk fungsi pengawasan, agar bisa koordinasi intensif dengan komisi 1. "Kebetulan di sini juga tadi ketua komisi 1 hadir, untuk konteks legislasi bisa kerjasama intensif dengan Bapemperda dan ini dua hal yang mungkin nanti kita sama-sama untuk mencari format terbaik pola yang paling ideal untuk kita terapkan,"tuturnya.

Lebih lanjut Atang menjelaskan, Propemperda tahun 2020, ada 13 rancangan Perda yang akan dibahas. Kebutuhan saat ini sudah masuk masa sidang pertama di tahun 2020. "Ada tiga rancangan Perda yang dibahas, karena ini sudah jalan barangkali mungkin keterlibatan Peradi nanti untuk minta supervisi bantuan hukum," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPC Peradi Kota Bogor, Gunara menuturkan, banyak yang dibahas dengan DPRD Kota Bogor.

Poin utama, kata dia, sesuai yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Bogor, siap bersinergi dan memberikan kemampuan yang terbaiknya untuk mensosialisasikan semua peraturan yang ada, memang hal-hal tersebut sangat diperlukan karena saat ini sangat lemah sosialisasi kepada masyarakat dengan Perda yang dikeluarkan oleh legislatif.

"Kami siap bekerjasama dan sinergi dengan DPRD Kota Bogor, baik pendampingan hukum, konsultasi hukum dan lainnya," tutur Gunara.

Keberadaan DPC Peradi, lanjutnya, juga menyampaikan keinginan untuk membantu bidang hukum dan bersinergi untuk kepentingan masyarakat. "Peradi akan membantu masyarakat tidak mampu yang tersandung sebuah permasalahan hukum," imbuhnya.

DPC Peradi Kota Bogor, kata Gunara, nanti dengan LBH-nya siap memberikan bantuan kepada masyarakat, baik itu bantuan hukum yang menimpa masyarakat. Apabila mereka memang tidak mampu dan ini termasuk menyangkut masalah pelaksanaan peraturan daerah maupun aturan aturan hukum yang ada di KUHP, maupun tindak pidana khusus," pungkasnya. (GN/Din)

Comments


EmoticonEmoticon