Ade Sanjaya: Kelengkapan APD Puskesmas Perlu Diperhatikan - Bidik Nusantara

Senin, 30 Maret 2020

Ade Sanjaya: Kelengkapan APD Puskesmas Perlu Diperhatikan

KAB.BOGOR - Anggota DPRD Dapil 1 Kabupaten Bogor fraksi Demokrat Ade Sanjaya melaksanakan kunjungan di Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin (30/03/20).

"Hari ini saya melakukan kunjungan sebagai salah langkah fungsi pengawasan terkait dengan bagaimana Puskesmas melakukan penanggulangan dan pencegahan konflik virus Covid-19," kata Ade Sanjaya kepada Wartawan di sela-sela kunjungan.

Pertama, kata dia memang saya kunjungi adalah Puskesmas Sukaraja yang berada di Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, untuk pencegahan ini, sudah mendapatkan apa standar operasional dari Dinkes Kabupaten Bogor. di antaranya termasuk setiap pasien yang datang harus diperiksa dulu suhu tubuhnya, mencuci tangannya baik dengan air mengalir juga dengan sanitizer kemudian juga diberikan masker," tuturnya Ade.

Menurutnya, Pemerintah Daerah atau Dinas terkait harus memperhatikan seperti kelengkapan alat pelindung diri (APD). "Kita masih lihat perawat disini menggunakan jas hujan, mungkin masih dalam perjalanan, termasuk untuk pemeriksaan Civid-19 berkaitan positif negatifnya pasien meskipun belum ada alat untuk menditeksi virus tersebut mungkin itu barangkali itu yang saya sampaikan kepada Dinas Kesehatan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Legislator Demokrat Kabupaten Bogor menghimbau masyarakat untuk mengikuti perintah atau himbauan yang disampaikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Saya mewakili anggota DPRD Dapil 1 menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti perintah atau himbauan yang disampaikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Contohnya adalah kita harus di rumah saja, menjaga jarak menjaga kebersihan, mencuci tangan dengan air yang mengalir dengan sabun juga termasuk menjaga kesehatan tubuh supaya kita selalu dalam keadaan vit," uajrnya.

Sementara itu, Kepala UPF Puskesmas Sukaraja Lydia Marturia mengungkapkan keadaan diwilayah Sukaraja relatif kondusif tetapi tetap menghimbau kepada masyarakat harus tetap waspada terkait penyebaran Covid-19.

"Pelayanan UPF Puskesmas Sukaraja saat ini lebih ditingkatkan melayani kesehatan masyarakat. Pasien sebuah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dilakukan pengecekan suhu tubuh, dan diberikan cairan antiseptik atau hand sanitizer," ujar Lydia.

Upaya pencegahan Covid-19, kata Lydia, petugas Puskesmas bersama aparat desa dan keamanan mengunjungi desa-desa menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi aturan pemerintah terkait pencegahan Covid-19 dan melaksanakan hidup sehat dan bersih. (GN/Din)
Comments


EmoticonEmoticon