Presiden Ingatkan Masyarakat dan Pemerintah Daerah Tanam Vetiver - Bidik Nusantara

Selasa, 04 Februari 2020

Presiden Ingatkan Masyarakat dan Pemerintah Daerah Tanam Vetiver

KAB.BOGOR - Indonesia rentan terhadap ancaman bencana, salah satu ancaman bencana yang sering terjadi setiap tahun pada musim hujan adalah banjir dan tanah longsor.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Selasa (04/02/20).

Ia mengingatkan agar pemerintah daerah dan masyarakat menggunakan pendekatan vegetatif, seperti menanam bibit vetiver guna mencegah tanah longsor.

"Tanam yang namanya vetiver, akar wangi. Karena dalam setahun kita tanam akarnya bisa satu meter. Dalam tiga-empat tahun akarnya bisa empat meter. Ini harus dikenalkan, disebarkan bibitnya ke daerah-daerah yang ancaman banjir dan tanah longsor," kata presiden.

Tak hanya jajaran pemerintah daerah yang diminta menanam bibit vetiver, Dirinya juga menganjurkan masyarakat ikut menanam tanaman tersebut. Karena, kata dia harga untuk satu bibit vetiver relatif murah.

"Murah kok itu. Satu batang hanya Rp 2 ribu," ujar Jokowi.

Menurutnya, dalam menghadapi bencana seperti tsunami, tanah longsor, dan banjir harus ada solusi permanen. Salah satu solusinya adalah menanam tanaman yang bisa menahan bencana.

"Kita tahu kita ini berada di kawasan yang sering gempa bumi yang kemungkinan menimbulkan tsunami. Kalau tidak ada penghalangnya langsung ke rumah-rumah," pungkasnya.(Sally)
Comments


EmoticonEmoticon