Kunjungi Kecamatan Bungkal, Bupati Ipong Disambangi Warga - Bidik Nusantara

Rabu, 12 Februari 2020

Kunjungi Kecamatan Bungkal, Bupati Ipong Disambangi Warga

PONOROGO - Berbagai aspirasi disampaikan warga Desa Pelem, Munggu, Nambak dan Bancar, Kecamatan Bungkal saat bertemu Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni saat kegiatan Tilik Desa, Rabu (12/2/2020). Didampingi Wabup Soedjarno, Sekdakab Agus Pramono beserta jajaran OPD dan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Ponorogo.

Kehadiran Bupati Ipong dan rombongan disambut para Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, LPMD, RT, RW, PKK serta karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat desa, Camat Bungkal, Jemain serta jajaran Forkompimka dan para Kepala Desa se-Kecamatan Bungkal.

Pada kesempatan itu Kades Pelem, Sugeng Rawuh mengusulkan kepada Bupati jalan tembus yang menghubungkan antara dua Desa tersebut yaitu di Dukuh Suwari Desa Pelem yang harus mutar lewat Desa Munggu.

Kades Munggu, Sukamto meminta perbaikan jalan ke Dukuh Sumberjo yang jalanya nanjak dan di pinggiran hutan. Terpisah, Kades Nambak, Tugimin mengusulkan sumur dalam untuk pengairan pertanian dan perbaikan jembatan yang ada di Desa Nambak.

Saat di Tilik Desa Bupati Ipong di Desa Bancar, Kades Bancar Agus Sudarmono melaporkan beberapa kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan di Desa Bancar. "Kami atas nama Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Bancar menyampaikan terimakasih atas segala upaya dan berbagai bantuan dari Bupati Ponorogo kepada masyarakat Desa Bancar selama ini," ungkap Agus Sudarmono.

Pihaknya mengajukan bantuan bagi seragam PKK, Dasawisma sampai Tingkat RT. "Permasalahan yang dihadapi petani Desa Bancar setiap tahun adalah Kekeringan sehingga kami membutuhkan bantuan sumur dalam, walaupun saat ini kita sudah bisa merealisasikan sumur dalam dua titik di Dukuh Duwet dan satu titik di Dukuh Nglodo," harapnya. 

Disamping itu dia menyampaikan terimakasih kepada Bupati Ponorogo atas diperbaikinya sayap jembatan cangkring yang rusak akibat banjir tahun lalu. "Sehingga tidak membahayakan lagi serta tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi," katanya.

Pihaknya berharap Pemkab Ponorogo ikut mewujudkan berdirinya GOR Desa Bancar. "Saat ini lokasi sudah mulai kita lakukan pengurukan," tandasnya. Pada kesempatan itu Bupati Ipong melantik jajaran pengurus Karang Taruna Bhakti Pertiwi Desa Bancar 2019-2020. Bupati Ipong mengapresiasi kekompakkan warga Bancar dalam membangun desa selama ini.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa sumur dalam tidak cukup untuk mengatasi kekeringan jangka panjang. "Dibutuhkan penghijauan dengan tanaman yang dapat menyimpan air, seperti pohon beringin, terembesi, aren. Dibarengi kesadaran masyarakat dalam menanam," terangnya.

Dirinya meminta generasi muda melalui Karang Taruna harus berperan dalam penghijauan, pemberdayaan UMKM, semangat kewirausahaan serta pertanian dan bidang lainnya. 

"Sebentar lagi pembangunan Waduk Bendo akan selesai. Tapi sayangnya irigasi waduk bendo tidak sampai ke Desa Bancar dan Kecamatan Bungkal secara umum. Beberapa waktu lalu kami sudah mengusulkan pembangunan waduk atau bendungan di Ngrayun. Dan sudah disurvei oleh Kementerian PU. Mudah-mudahan bisa terwujud," imbuhnya.

Atas usulan dari Sumarni salah satu pengurus PSHT Rayon Bancar untuk pembinaan dan pencairan atlet berprestasi pencak silat, Bupati Ipong akan merealisasikan matras, body protektor dan picing. "Insya Allah akan kita realisasikan tapi mohon ditindaklanjuti dengan tertulis," pungkasnya. (NC)
Comments


EmoticonEmoticon