Karang Taruna Mojorejo Wadahi Kreasi dan Inovasi Pemuda Desa - Bidik Nusantara

Selasa, 25 Februari 2020

Karang Taruna Mojorejo Wadahi Kreasi dan Inovasi Pemuda Desa

PONOROGO - Angkatan muda milenial di desa sebenarnya punya kreativitas dan karya yang sama sekali tak kalah dengan pemuda di kota. Kita harus percaya diri dan yakin untuk unjuk gigi.

Hal itu disampaikan, Ketua Karang Taruna Mojorejo, Zaenal Abidin dalam acara pentas seni dialog interaktif di balai Desa Mojorejo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo. Sabtu, (22/02/20).

Zaenal menjelaskan, rangkaian acara tersebut meliputi pameran foto dan karya pemuda, lomba mewarnai dan menggambar untuk siswa TK dan SD/MI se-kecamatan Jetis, senam aerobik bareng ibu-ibu PKK.

Menurutnya, pentas seni dan dialog interaktif ini bertujuan untuk mewadahi kreasi dan inovasi para pemuda desa Mojorejo untuk dipamerkan dan dipasarkan.

"Selain itu, juga untuk memotivasi pemuda, khususnya karang taruna di desa-desa sekitar untuk mengadakan acara positif yang serupa atau bahkan lebih baik, agar bisa saling berlomba dalam kreasi dan prestasi," tutur Zaenal yang juga penanggungjawab acara.

Dalam acara itu, kata Zaenal, juag digelar pameran karya sendiri meliputi pameran foto, karikatur, lukisan, kaligrafi, produk barongan Thik dan robot kreasi para pemuda desa. Di samping itu, juga dipamerkan produk makanan ringan, jamu instan dan tas anyaman dari UMKM setempat. Sedangkan pentas seni meliputi hadroh kontemporer, habsyi, life acoustic dan musikalisasi puisi. Seluruh personil adalah generasi muda desa setempat.

Selain itu juga digelar perlombaan mewarnai dan menggambar dengan tema 'Desa Lestari'. "Hal ini tentu sebagai dukungan atas komitmen pemdes dan masyarakat pada Gerakan Mojorejo Lestari. Adik-adik dari TK dan SD/MI terlihat antusias dan bergembira mengikuti lomba, games dan ice breaking berhadiah dari panitia," harap Zaenal.

Pada kesempatan yang sama, Camat Jetis, Heru Budi Santoso mengaku bangga dan mengapresiasi pameran tersebut. "Kegiatan positif dan inovatif semacam ini sepantasnya menjadi contoh untuk para pemuda khususnya karang taruna di kecamatan Jetis," hapap Heru Budi Santoso.

Sementara itu, Kades Mojorejo, Hermanto menjelaskan bahwa, penyelenggaraan acara ini mulai konsep, persiapan dan kepanitiaan adalah murni dari elemen pemuda. "Kegiatan ini murni hasil kreasi pemuda karang taruna. Kami hanya mendukung dari belakang, mengapresiasi dan memberi arahan bimbingan," tandas Hermanto. (NC)
Comments


EmoticonEmoticon