Joko: Pembentukan Karakter Anak Tidak Cukup Hanya Dilingkungan Sekolah Saja - Bidik Nusantara

Senin, 03 Februari 2020

Joko: Pembentukan Karakter Anak Tidak Cukup Hanya Dilingkungan Sekolah Saja

KOTA BOGOR - Permasalahan kenakalan remaja akhir-akhir ini menjadi perhatian khusus bagi semua kalangan, terutama dampak yang diakibatkan seperti terjadinya tawuran dan narkoba yang sudah merambah ke tingkat pelajar.

Hal tersebut, disampaikan oleh Drs.Joko Mustiko Kepala Sekolah SMKN 2, dihadapan ratusan siswa dan siswinya usai melaksanakan upacara rutin di lapangan SMKN 2, Kota Bogor, Senin (03/02/2020).

"Sudah sering kali kami mengadakan penyuluhan terkait masalah narkoba dan kenakalan remaja, termasuk buku-buku penunjang yang berkaitan narkoba sudah menumpuk disekolah kami tentunya," kata Joko.

Apalagi lanjut Joko, dalam setiap pelaksanaan upacara bendera sudah dijadikan agenda rutin untuk sambutan dengan tema kenakalan remaja, atau pun mengenai masalah narkoba.

"Permasalahannya adalah di lingkungan sekolah hanya bisa meng cover atau mengawasi selama 8 jam saja, selebihnya sudah tentu harus dilakukan pengawasan dari pihak keluarga anak itu sendiri," ungkapnya.

Kenapa, kata Joko, peran keluarga dan pengaruh dari lingkungan luar atau masyarakat sangat penting untuk pembentukan karakter anak, sejauh mana cara bergaul dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

"Ini masalah tri logi pendidikan karena tidak berjalan dengan hanya mengandalkan pihak sekolah, sedangkan yang paling dominan pembentukannya justru dikeluarga dan masyarakat justru kurang berjalan atau kurang baik," imbuhnya.

Alangkah baiknya sambung dia, setiap malam para orang tua selalu mengawasi anaknya dirumah, Jika waktu maghrib belum pulang agar di cari kemana rimbanya. Jangan dibiasakan atau dibiarkan anak pulang malam seolah-olah tidak ada masalah.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat jika melihat kerumunan, apalagi tawuran pelajar sangat dimohon kepeduliannya untuk ikut mengantisipasi atau dibubarkan. Ini sebagai bentuk pencegahan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," paintanya.

Ia mengharapkan, antara pihak sekolah dan khusus keluarga bisa saling bahu membahu dalam membantu menangani serta meminimalisir hal-hal negatif kepada anak-anaknya, dan juga ikut serta dalam pengawasan diluar.

"Saya berharap kedepannya peran serta orang tua dan pihak sekolah, senantiasa mengawasi setiap gerak langkah anak-anaknya dalam pergaulan kesehariannya. Jalin komunikasi yang intens dengan pihak sekolah, merupakan cara yang sangat efektif untuk memantau dan melihat sejauh mana anak-anaknya bergaul," pungkas Joko yang juga merangkap sebagai Kepala SMKN 1 Kota Bogor. (Sally)
Comments


EmoticonEmoticon