-->

Ibas Optimis IKM di Pacitan Maju Pesat

Bidik Nusantara
Monday, 24 February 2020, 17:16 WIB Last Updated 2020-02-24T10:18:53Z

PACITAN - Para pelaku usaha kecil dan menengah di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur mengikuti bimbingan tekhnis Wirausaha Baru (WUB) Industri Kecil Menengah (IKM). 

Ketua Panitia Bimtek penumbuhan dan pengembangan WUB IKM, Herman Budoyo dalam pembukaan acara Senin (24/2/2020) di Hotel Grand Bromo, Pacitan mengatakan, ada tiga kegiatan Bimtek yang diselenggarakan. 

Diantaranya, Bimtek WUB IKM Pengolahan Ikan, Bimtek WUB IKM Kerajinan Kayu dan Bimtek WUB IKM Servis Elektronik. Menurutnya, bimtek diselenggarakan atas kerjasama Sub Direktorat Industri Kecil dan Menengah Kimia dan Bahan Bangunan Kementerian Perindustrian RI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan dan Anggota Komisi VI DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) atau Ibas," kata Herman.

Senada dengan Herman, Kepala Sub Direktorat Industri Kecil dan Menengah Kimia dan Bahan Bangunan Kementerian Perindustrian RI menjelaskan, bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta. "Diharapkan peserta mampu mengaplikasikan hasil yang didapat, dalam menjalankan usahanya, menciptakan produk yang berkualitas, serta menumbuhkan jiwa wirausahanya," ungkap Jenih.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan, Heru Sukresno mengapresiasi kegiatan Bimtek ini. "Semoga selesai Bimtek ini ada tindak lanjut tidak lepas begitu saja. Kami berkomitmen untuk melaksanakan tindak lanjut secara kongkret,"ucapnya.

Sementara itu, Ibas melalui Staf Tenaga Ahli, David Christian Bojoh mengatakan potensi IKM Pacitan perlu terus didorong secara komprehensif, kemampuan SDM, daya saing, akses permodalan, akses pasar, serta promosi dan menejerial agar bisa terus maju. "Harapannya selain menampung lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan, menjadi motor pendapatan daerah," tambah David.

David menambahkan sebagai mitra kerja, EBY punya komitmen untuk mandorong segenap potensi daerah, dan bersinergi menyeluruh dengan stakeholder membangun sektor IKM. "Kami yakin ke depan IKM di Kabupaten Pacitan akan maju melesat,"  pungkasnya. (NC)
Komentar

Tampilkan

Terkini