-->

SMK Metland Pamerkan 5 Produk Unggulan Di EXPO Siswa Kreatif Dan Berkarakter

Bidik Nusantara
Tuesday, 21 January 2020, 08:46 WIB Last Updated 2020-01-21T01:49:24Z
BOGOR - Dalam kegiatan Expo Siswa Kreatif dan Berkarakter korwil Cileungsi di Mall Metropolitan Cileungsi yang diikuti oleh 17 SMK korwil Cileungsi, SMK Metland menampilkan 5 produk unggulannya.

Lima produk unggulan SMK Metland tersebut yaitu:

1.Smart Home Sistem
Smart home sistem atau sistem rumah pintar adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan yang ada di dalam sebuah rumah atau gedung dan perintah tersebut dapat dikendalikan jarak jauh.

Dalam produk tersebut terdapat 3 item : pengendalian listrik jarak jauh(mengunakan aplikasi smart phone yang terhubung melalui jaringan internet), Penyiraman taman secara otomatis (dengan menggunakan sensor kelembaban tanah) serta buka tutup pintu pagar otomatis (memakai sensor) dan jarak jauh(menggunakan aplikasi smart phone melalui jaringan internet)

2.Tempat Sampah Otomatis
Tempat Sampah Otomatis yang dipamerkan oleh siswa SMK Metland, ialah dimana tempat sampah yang menggunakan sensor pada tutup wadahnya, sehingga dapat otomatis membuka dan menutup jika sensor mendeteksi tangan atau benda yang mendekati tempat sampah tersebut.

3.Quis Finansial
Di sini para siswa SMK Metland mengajak para pengunjung untuk bermain dengan memberikan beberapa pertanyaan seputar cara pengelolaan keuangan. Dari jawaban beberapa pertanyaan yang di sajikan, siswa dapat memberikan gambaran phisikologis cara mengatur keungan pengunjung yang ikut bermain di dalam Quis Finansial

4.VR (Virtual Reality)
siswa/i membuat landscape kota dalam sebuah program vr, pengunjung bisa melihat kota tersebut dan jalan2 secara virtual, kedepan nya siswa/i akan mendesign sample kota, gedung atau mall ,perumahan,tempat wisata dan lain sebagainya dengan tata letak yang sama 

5.AR (Augmented Reality)
ini adalah teknologi yang memungkinkan siswa membuat karya pembelajaran atau tugas nya dalam format 3 dimensi, yang bisa di akses dari hp berbasis android.pengunjung dapat mencoba membuat sketsa wajah hanya beberapa menit saja.kedepan nya akan ada mading berbasis AR dan peta sekolah berbasis AR.

AR dan VR adalah hasil kerjasama antara SMK Metland dan SEAMEO, dimana Seameo memberikan pendampingan kepada siswa dan guru dalam penerapan AR dan VR di sekolah terutama dalam pembelajaran.

Nana Suryana sebagai guru pendamping SMK Metland pada kegiatan Expo mengatakan dari 5 produk unggulan tersebut banyak pengunjung mall Metland yang mendatangi, mencoba dan bertanya produk-produk yang sajikan SMK Metland.

"Banyak pengunjung yang mendatangi stand kami, bahkan tadi ada pengunjung yang ingin rumahnya menggunakan sistem rumah pintar," katanya.

Nana Suryana berharap dengan adanya kegiatan SMK Expo siswa kreatif dan berkarakter secara berkala dapat memberi ruang kepada siswa/i SMK untuk memanerkan karya-karyanya.

Sehingga, kata dia, siswa/i SMK termotifasi menjadi lebih kreatif dan berkarakter," pungkasnya.(Din)
Komentar

Tampilkan

Terkini