-->

Psikososial Lintas Healing Cetre Pulihkan Trauma Anak-anak Korban Bencana

Bidik Nusantara
Monday, 13 January 2020, 09:25 WIB Last Updated 2020-01-13T03:10:42Z

KAB.BOGOR - Paska peristiwa bencana banjir dan longsor di Kabupaten Bogor pada awal tahun 2020.Tim relawan Psikososial Lintas Healing Cetre menyalurkan bantuan meteri dan  memberikan pertolongan pertama phisikologis kepada para korban bencana di Desa Pasir Madang Kecamatan Sukajaya. Minggu, (12/1/20).

Direktur Psikososial Lintas Healing Centre Adriana Eko Susanti, Ch,Cht ,NNLP menjelaskan kegiatan penyaluran bantuan alat tulis dan makanan serta pemulihan phisikologi bagi korban bencana didasari rasa kemanusiaan dan para donatur yang dengan ikhlas menyisihkan rezekinya untuk para korban.

Menurutnya, para korban bencana selain membutuhkan bantuan materi, mereka juga membutuhkan bantuan dorongan semangat dengan cara memulihkan dari rasa trauma yang di akibatkan dari peristiwa bencana. "Biasanya penyintas memerlukan perhatian tersendiri untuk menghilangkan dari perilaku-perilaku yang menunjukkan kondisi trauma, seperti takut untuk beraktifitas dalam gedung/rumah, bersedih atas kehilangan anggota keluarga hingga sulit tidur di lokasi pengungsian," tuturnya.

Adriana Eko Susanti, Ch,Cht ,NNLP berharap dengan gerakan tim relawan Psikososial Lintas Healing Cetre di daerah bencana pasir madang dapat memulihkan rasa truma  dari para korban bencana khususnya anak-anak. 

Untuk pemulihan kondisi psikologis para penyintas, diperlukan keterlibatan seluruh pihak. Namun dirinya percaya bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat dan memiliki keihklasan hati dalam menerima setiap musibah serta dapat bangkit kembali dan lebih semangat," pungkasnya. (Din)
Komentar

Tampilkan

Terkini