Disdukcapil Kabupaten Bogor Siapkan Tim Pendataan Dokumen bagi Penduduk Terdampak Bencana Alam - Bidik Nusantara

Kamis, 09 Januari 2020

Disdukcapil Kabupaten Bogor Siapkan Tim Pendataan Dokumen bagi Penduduk Terdampak Bencana Alam

KAB.BOGOR - Bagi masyarakat yang terkena dampak bencana alam yang kehilangan ataupun rusak dokumentasi administrasi seperti KTP,K.K maupun kartu identitas anak (KIA) bisa langsung melaporkan ke posko-posko yang berada di desa-desa yang tidak terdampak bencana.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, telah menyiapkan tim Pendataan, Penerbitan Dokumen Kependudukan bagi penduduk yang terdampak bencana alam.

Sementara untuk ijazah pemerintah daerah akan mengeluarkan surat keterangan melaui Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor sebagai pengganti ijazah yang hilang. Maka dari itu pastikan diri anda terdata di Kecamatan masing-masing, sesuai pengumuman resmi yang di keluarkan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Berkatitan dengan hal tersebut, sebelumnya Disdukcapil Kabupaten Bogor telah melaksanakan Rapat Kordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di ruang Rapat Disdukcapil Kabupaten Bogor pada hari Rabu (08/01/20) kemarin.

Kadisdukcapil, Otje Soebagja menjelaskan bahwa Disdukcapil Kabupaten Bogor akan membentuk Tim dan menunggu SK Bupati dalam mengatasi permasalahan dokumen Administrasi Kependudukan yang hilang ataupun rusak akibat bencana alam di wilyah Kabupaten Bogor.

"Langkah-langkah yang dilakukan, selain membentuk Tim yang terdiri dari unsur Disdukcapil sendiri juga dibantu oleh BPBD Kabupaten Bogor, unsur Kecamatan, Dinsos dan DPMD yang tugasnya mengumpulkan data -data serta memverifikasikan data tersebut untuk dijadikan acuan dalam mencetak atau menerbitkan Dokumen Administrasi Kependudukan seperti KTP, K.K, K.I.A dan Akta Kematian bagi masyarakat yang terkena dampak ataupun rentan terhadap Bencana Alam di wilayah Kabupaten Bogor, tentunya sambil menunggu SK.Bupati turun," tuturnya.

Karna, kata Otje, Ia ingin (Disdukcapil) tampil di depan bersama-sama dengan OPD lainnya membantu para korban bencana alam tersebut. "Masyarakat yang terkena bencana alam hanya cukup melaporkan ke Posko terdekat yang ada di desa yang tidak terkena dampak bencana dan semuanya gratis, setelah verifikasi data kita upayakan jika situasi dan kondisi yang memungkinkan langsung kita cetak/terbitkan dokumen- dokumen administrasi kependudukan tersebut," pungkasnya. (GN)
Comments


EmoticonEmoticon