Damkar Kabupaten Bogor Turut Andil dalam Tangani Bencana Alam - Bidik Nusantara

Kamis, 09 Januari 2020

Damkar Kabupaten Bogor Turut Andil dalam Tangani Bencana Alam

KAB.BOGOR - Selain menangani Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor turut andil dalam menangani bencana alam banjir dan longsor di sejumlah wilayah Kabupaten Bogor.

"Sesuai arahan pimpinan, yakni Bupati Bogor Ade Yasin, dan atas dasar kemanusian kita melaksanakan giat di tempat-tempat kejadian bencana alam, contohnya di Vila Nusa Indah 1,2,3 dan 5 saat ini, personil damkar tengah melaksanakan pembersihan lumpur paska terjadinya banjir," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Drs Mamur ketika di temui di ruangannya, Kamis (09/01/20).

Bahkan, kata dia sudah empat hari tim tidak pulang dan menginap di lokasi tersebut. "Saya mengajurkan kepada mereka (Personil) untuk tidak lupa istirahat, boleh kita membantu dan menolong orang namun kita juga harus memperhatikan diri kita sendiri, karena mereka juga ditunggu keluarganya masing-masing," ujarnya.

Sementara, lanjutnya, untuk di wilayah Bogor Barat sendiri sejak awal personil dari Dinas kebakaran sudah di alokasikan di tempat kejadian. Bahkan, kata dia, khusus di Jalan Raya itu pihaknya yang melakukan penyemprotan sisa-sisa lupur.

"Untuk di jalan rayanya kita yang melakukan pembersihan, sementara khusus untuk di wilayah Sukajaya kita kirimkan satu regu, bertahan disana membantu masyarakat dengan cara bergantian. Karena, saat ini sudah bukan evakuasi lagi, namun lebih kepada pengiriman bantuan logistik. Karena memang yang tekena dampak dari bencana tersebut lebih banyak disana," kata Mamur.

Mamur menjelaskan, sesuai tugas pokok dan pungsi (Tupoksi) Damkar melaksanakan tugas sebagimana Panca Darma. Yaitu, pencegahan dan kesiapsiagan kebakaran, pemadam kebakaran, penyelamatan korban, pemberdayaan masyarakat serta penanganan bahan-bahan beracun.


"Sehubungan sebelum masuk musim peng hujan, terjadi musim panas yang sangat luar biasa. Maka kejadian kebakaran di Kabupaten Bogor sangat tinggi. Di tahun 2019 kemarin, Damkar tampil dimana-mana sebagaimana di ketahui, baik itu di media cetak maupun di media elektronik. Tugas pemadam ini yang lebih banyak giatnya di Rescue, diantaranya Oprasi Tangkap Tawon (OTT), ular cobra, monyet liar dan anjing liar," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada. "Kebakaran itu tidak mengenal musim panas atau musim hujan walaupun insentitasnya lebih rendah. Meski musim huja kebakaran bisa saja terjadi, seperti halnya akhir-akhir ini yang terjadi di beberapa titik di kabupaten bogor," pungkasnya. (GN)
Comments


EmoticonEmoticon