-->

Warga Desa Suka Damai Geruduk BKSDM Aceh Timur, Ada Apa?

Bidik Nusantara
Wednesday, 25 December 2019, 08:35 WIB Last Updated 2019-12-25T01:44:11Z

ACEH - Sejumlah tokoh masyarakat perwakilan Desa Suka Damai mendatangi Kantor BKSDM Kabupaten Aceh Timur. Senin, (23/12/2019).

Para tokoh masyarakat tersebut meminta Sekrektaris Desa (Sekdes) Suka Damai untuk di mutasikan dari desa mereka, karena dinilai sekdes tersebut tidak memikirkan keberlangsungan pembangunan dan jerih aparatur desa.

Dalam tuntutannya, perwakilan masyarakat Desa (gampong) Suka Damai menuliskan tanda protes dikertas putih diantaranya:

1. Bapak Bupati Tolong perhatikan Desa kami yang saat ini ditahun 2019 belum ada pembangunan dikarena kan sekdes belum menandatangani RPD.

2.Bapak Sekdes (Anwar) janganlah hidup seperti pohon pisang yang punya jantung, tapi tidak punya hati.

3. Kami menuntut Sekdes (Anwar) untuk diberhentikan dari jabatannya, karena tidak bekerja dan tidak memperdulikan tentang kebutuhan desa.

4. Kami menuntut kepada Sekdes (Anwar) untuk menandatangani RPD Pencairan Gaji selama satu tahun.

Keuchik Gampong Suka Damai Ti Ainsyah saat ditemui di halaman kantor BKSD Aceh Timur mengatakan bahwa dirinya sudah bolak-balik mengurus berbagai macam keperluan dan bahkan sudah mengaju kan permohonan pergantian sekdes tersebut kepada BKSDM. Namun belum ada respon yang memuas kan." Saya sudah cukup sabar sebenarnya, tapi apalah daya saya seorang wanita, tidak banyak di Aceh Timur yang menjadi kepala desa perempuan, dari 513 desa hanya saya saja perempuan yang menjadi kepala Desa, berbagai problem terus menerus dihimpit namun saya tetap tegar meng hadapi segala tantangan, mungkin ini juga cobaan dari Allah SWT kepada saya," ujarnya.

Bayangkan, hingga hari ini rumah warga yang sudah bocor tidak dapat saya reuhap, akibat dari sekdes tidak mau menandatangani RPD, jangankan untuk membangun desa, jerih perangkat saja sudah akhir tahun 2019 tidak mau ditandatangani oleh sekdes, bagaimana saya harus melanjutkan pembangunan." ujar Ainsyah saat diditemui wartawan.

Aksi orasi berjalan tertib hingga semua perwakilan masyarakat Suka Damai membubar kan diri. Setelah dimediasi oleh staf dan pegawai BKSDM Aceh Timur dan turut didampingi beberapa awak media. "Kepada Keuchik Suka Damai kami harap bersabar, kami berjanji dalam waktu dekat ini masalah tersebut akan diselesaikan." Kata staf BKSDM Aceh Timur.

Sementara itu. Kepala Dinas DPMG Aceh Timur Maimun. SE saat di hubungi wartawan melalui hp selularnya mengatakan pihaknya sudah pernah menjumpai sekdes Suka Damai untuk mendapatkan persetujuan (tanda tangan) berkas tahapan pengajuan anggaran gampong." Dengan segala kerendahanya hati, saya terpaksa menghadap Sekdes Gampong Suka Damai untuk menandatangani berkas tahapan pengajuan Gampong Suka Damai," ujar Maimun dengan nada berat menjawab konfirmasi wartawan.

Bukankah selama ini tugas sekdes di Aceh Timur mempunyai tugas membuat laporan tentang dana desa dan membawanya ke kantor DPMG.?

Lantas kenapa Kepala Dinas DPMG mau menghadap atau menemui Sekdes Suka Damai??

"Iya memang benar, walaupun saya sebagai Kepala Dinas, tapi tetap mau melakukan hal seperti ini. Semua ini demi Aceh Timur yang lebih baik." Jawab kadis DPMG singkat seraya mengucap salam mengakhiri pembicaraan nya. (s.) 
Komentar

Tampilkan

Terkini