Kantor Hukum DRDR Kembali Selenggarakan Training Hukum Warga Binaan LP Paledang - Bidik Nusantara

Jumat, 22 November 2019

Kantor Hukum DRDR Kembali Selenggarakan Training Hukum Warga Binaan LP Paledang

KOTA BOGOR - Sebanyak 100 (seratus) orang warga Binaan (WB) yang rata-rata sedang menjalani proses hukum mendapat pengetahuan baru seputar dunia hukum dan pencerahan seputar pengetahuan hukum dari Kantor Hukum DR. Dudung dan Rekan (DRDR). Bertempat di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bogor, Lapas Paledang, Jum'at (22/11/2019).

Founder Kantor Hukum DRDR, DR. Dudung Amadung Abdullah, SH mengatakan, kegiatan tersebut adalah kegiatan rutin dari DRDR. "Training ini merupakan program rutin bulanan kerjasama antara Lapas Paledang dengan Kantor Hukum DRDR," katanya.

Dudung menjelaskan, untuk materi yang diberikan oleh para pembicara pada kesempatan tersebut diantaranya, Kiat Menghadapi Perkara Hukum, Hak-Hak Terdakwa dan Tersangka dalam Proses Hukum, serta Tahapan Penyelesaian Perkara Pidana.

Selain itu, kata Dudung, pada kesempatan tersebut dirinya menjelaskan tentang tokoh-tokoh besar di Indonesia dan dunia yang pernah menjalani hukuman penjara, namun kemudian berhasil menjadi pemimpin dunia dan memberi warna pada pembangunan negerinya bahkan dunia.

"Dengan Training ini diharapkan warga binaan bisa memahami aturan hukum dengan baik, sehingga kedepannya mereka bisa menjadi wara negara yang taat hukum," harap Dudung yang juga Direktur LBH Hidayatullah dan Dosen STIH Dharma Andigha.

Menurutnya, acara yang berlangsung selama dua jam, dimulai pukul 13.30 dan berakhir pukul 15.00 itu, berlangsung hidup dan interaktif, Warga Binaan yang menjadi peserta mengikuti dengan antusias hingga acara selesai.

Diantara mereka juga mengajukan pertanyaan seputar kasus yang hadapi serta beberapa pengalaman yang mereka alami selama berhadapan dengan hukum.

Bahkan, kata Dudung, dalam kesempatan tersebut ada salah seorang peserta menyampaikan bahwa selama ini dia tidak paham tentang aturan dan prosedur hukum, sehingga ketika berhadapan dengan hukum dia merasa kalut dan bingung, tidak memahami langkah yang harus dilakukan. Padahal dia merasa bahwa, ia hanya korban dari ketidaktahuan hukum.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bina Rohani Lapas Paledang, Oman Fadilah, yang juga mendampingi hingga acara selesai, berharap agar kegiatan ini berlangsung rutin.

Karena, kata dia, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi Warga Binaan. "Pihak LP merasa terbantu dengan adanya (kegiatan-red) tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala LP Paledang, Teguh Wibowo, BcIP, SH, MSi, berharap Training ini bisa memberikan wawasan bagi para WB terutama tentang Hukum.

Sehingga, kata dia, kedepannya mereka bisa menjadi warga negara yang taat hukum, selepas menyelesaikan hukuman di Lapas. "Mereka bisa kembali ke tengah-tengah masyarakat dengan menjunjung dan mentaati aturan hukum.

Disamping itu, Kalapas juga berharap agar para warga binaan yang sekarang sedang berhadapan dengan hukum atau dalam proses penyelesaian hukum, bisa memahami hak-haknya sebagai tersangka maupun terdakwa," pungkasnya.

Hadir dalam Traning hukum sekaligus pembicara diantaranya, Advokat DR. Dudung Amadung Abdullah, SH yang juga Founder Kantor Hukum DRDR, serta Advokat Hidayatullah, SH dan Alfarika Setiawan, SH.


Sumber : DRDR
Editor : Gandi G
Comments


EmoticonEmoticon