Dian Intania : Pers adalah Kekuatan Kontrol atas Kinerja Lembaga Negara dan Pemerintah - Bidik Nusantara

Senin, 11 November 2019

Dian Intania : Pers adalah Kekuatan Kontrol atas Kinerja Lembaga Negara dan Pemerintah

KOTA BOGOR - Pemerintah Kota Bogor melalui Humas dan Protokol mengucapkan selamat atas hari ulang tahun (HUT) Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Korwil Kota Bogor yang kedua.

"Kami ucapkan selamat atas hari ulang tahunnya yang kedua, semoga FPll mampu untuk terus berperan serta di dalam menumbuhkan kehidupan pers nasional yang professional dan independent. Perlu di sadari bahwasanya pers nasional adalah salah satu komponen kekuatan dari bangsa ini yang senantiasa berjuang untuk ikut memajukan kehidupan bangsa ini ke arah yang lebih sejahtera, adil dan makmur," kata Dian Intania, Kasubag Publikasi Humas dan Protokol Kota Bogor dalam sambutannya di acara syukuran HUT Ke-2 FPII Korwil Kota Bogor di Resto Garden The Mirah Hotel, Senin (11/11/2019).

Dian menjelaskan, melalui peran dan fungsinya, pers adalah kekuatan kontrol masyarakat atas kinerja lembaga-lembaga negara dan pemerintah. Sekaligus mitra kerjasama di dalam mewujudkan kinerja lembaga-lembaga negara dan pemerintah yang lebih berkualitas.

"Melalui peran dan fungsinya, pers juga adalah instrumen masyarakat untuk mengingatkan, mengajak dan mendorong setiap warga masyarakat untuk selalu berusaha mewujudkan kehidupan yang lebih tertib rukun, aman dan damai," jelasnya.

Menurutnya, kondisi kehidupan seperti itu diperlukan supaya setiap orang bisa produktif dalam upaya mewujudkan
kehidupan yang lebih berkualitas dan yang lebih sehat sejahtera.

"Demikian luhurnya nilai dari peran serta fungsi pers nasional, maka siapapun tidak layak untuk memanfaatkan peran serta fungsi pers hanya untuk kepentingan kelompok dan golongan tertentu saja. Juga tidak layak apabila peran dan fungsi pers dimanfaatkan sekadar hanya untuk menjadi lahan sumber penghidupan semata-mata," imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut Dian, siapapun yang bergerak dan berjuang dalam dunia pers
patut senantiasa menyadari bahwasanya dininya adalan orang-orang yang
bersama, berjuang untuk memenangkan kepentingan bersama kepentingan bangsa dan negara. Bukan kelompok atau golongan, apalagi kepentingan pribadi.

Mengingat hal-hal seperti itu maka, kata Dian, siapapun yang bergelut dalam dunia pers, harus senantiasa menjadikan dunianya orang yang memiliki semangat untuk terus meningkatkan kapasitas diri masing-masing.

"Meningkatkan kapasitas diri melalui peningkatan, pengetahuan, keterampilan dan profesionalisme sehingga dirinya adalah bagian dari manusia yang berkualitas," pintanya.

Jadi, sambung dia, mari kita sama-sama menjaga dan memelihara keluhuran dan keagungan misi pers nasional dalam melaksanakan peran dan fungsinya. Marilah kita jaga agar peran dan fungsi pers bisa berjalan di jalan yang benar agar bisa menghasilkan kemaslahatan bagi kehidupan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Dian juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini antara segenap anggota FPll Korwil Kota Bogor dengan jajaran Pemerintah Kota Bogor.

"Semoga kerjasama yang terjalin selama ini mampu memberikan manfaat sebesar-besamya bagi kelangsungan hidup masyarakat Kota Bogor yang lebih
baik dan berkualitas," pungkasnya.(Gandi)

FPII Korwil Kota Bogor

Comments


EmoticonEmoticon