Pembanguna SPALD-T di Kelurahan Kaulampa Sudah Mecapai 70 Persen

Pembanguna SPALD-T di Kelurahan Kaulampa Sudah Mecapai 70 Persen

Bidik Nusantara
Selasa, 22 Oktober 2019

KOTA BOGOR - Pengerjaan Peroyek Pembangunan Sistem Pengelolaan Air limbah Domestik (SPALD-T) di Kp. Psair Rt 03/07 Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor sudah mecapai 70 persen.

Hal itu disampaikan Ketua Badan Kesuadayaan Masyarakat (BKM) Padajajaran Daman Hidayat kepada wartawan ketika monitoring Kelurahan yang dilaksanakan Kasi Kemas besama PKK dan Karang Taruna Kelurahan Katulampa, Selasa (22/10/19).

Daman mengatakan, peroyek tersebut dikerjakan pada tanggal 25 Agustus kemarin oleh 14 orang pekerja dari warga sekitar.

"Pengerjaannya dari bulan Agustus kemarin dengan 14 orang pekerja dari masyarakat setempat," katanya.

Ia menjelaskan, untuk pengerjaannya sendiri tidak terlalu sulit, namun yang paling lama itu pengalian pipa.

"Sanimas ini menampung sekitar 70 SR atau Rumah, untuk pengerjaannya tidak terlalu sulit namun yang paling lama itu pengalinan pipa sepanjang 700 meter. Tapi Saya optimis selai tepat waktu termasuk pengerjaan pendukung yaitu pengecoran jalan dengan volume 50 meter," jelasnya.

Senada denga Daman Hidayat, Ketua Kelmpok Suadaya Masyarakat (KSM) Pasir Indah Ahmad Rofik mengatakan, sebagai penunjang pembangunan SPALD-T dan selaku pelaksana pihaknya membangun jalan pendukung sepanjang 50 m dengan lebaran rata-rata 140 m.

"Untuk menjamin pembangunan SPALD-T, kami menggunakan pipa khusus yaitu pipa limbah SDR 41 dan menyediakan bak kontrol sebanyak 70 titik," ujarnya.

Menurutnya, setelah pembangunan selesai, Sanimas SPALD-T akan diserahkan kepada Kelompok Pemanfaatan dan pemeliharaan (KPP)  untuk dijaga dan dirawat.

Kasi Kemas Kelurahan Katulampa,  Rd Ujib S.O.S saat meninjau lokasi sanimas mengatakan pembangunan Sanimas ini merupakan bantuan dari Islamic Development Bank (ISdB) diharapkan bisa menjadi solusi masyarakat terkait masalah Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) atau sevtiteng.

Sementara itu, Ketua Pokja III PKK  Marvina ditemani Sekjen Karang Taruna Katulampa Saiful Hikmat dan Maria di loaksi Sanimas mengatakan pembangunan Sanimas diharapakan bisa meningkatkan kualitas kebersihan lingkungan masyarakat setempat.

"Sanimas di Katulampa baru ada di wilayah RW 7, diharapkan pembangunan sanimas tersebut bisa berlajut di bangun di masing-masing RW yang ada di kelurahan katulampa," pungkasnya. (GN)