Lahan Seluas 50 Hektar Desa Cijayanti akan Segera di Tanami Sereh Wangi

Lahan Seluas 50 Hektar Desa Cijayanti akan Segera di Tanami Sereh Wangi

Bidik Nusantara
Selasa, 15 Oktober 2019

BOGOR - Lahan seluas 50 hektar di Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor akan segera di tanami sereh wangi bekerjasama antara pertanian Desa Cijayanti dengan koprasi sahabat karya mandiri (KSKM).

Penanaman sereh wangi tersebut, bekerjasama antara pertanian Desa Cijayanti dengan KSKM diresmikan langsung oleh Sandiaga Salahudin Uno selaku pendiri perkumpulan gerakan OK OCE di halaman Kantor Desa Cijayanti. Selasa, (15/10/19).

Pembina KSKM, Abi Hurairah Mochdie mengatakan, ini adalah satu kehormatan bisa bekerjasama dengan petani Desa Cijayanti untuk bersama-sama melaksanakan penanaman sereh wangi.

"Saya mewakili Koprasi sahabat karya mandiri bekerja sama dengan OK OC melakukan penanaman dan mentraining para petani dalam menanam sereh wangi ," katanya.

Menurut Abi, untuk lahan 50 hektar tersebut, pihaknya sudah menyediakan bibit untuk jangka 10 tahun.

"Kami sudah membeli pembibitan sereh wangi dengan jangka waktu 10 tahun dan akan di berikan kepada para petani serta membagi hasil usaha tersebut dengan petani Desa Cijayanti," jelasnya.

Pada kesempata yang sama, Kasi Kesra Desa Cijayanti Kudus Iswanto mengatakan, penanaman Sereh Wangi tahap pertama ini akan di fokuskan di wilayah kampung Legok Banteng RW 7 dengan luas lahan seluas 14 hektar.

Ia mengharapkan program yang dilaksanakan LPM, Gapoktan dan BUMDes ini bisa berkelanjutan, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat khusunya para petani di Desa Cijayanti," harapnya.

Sementara itu, Nulianti dari UPT Pertanian, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor mengatakan pihaknya akan mendampingi dan membina para petani di desa Cijayanti khususnya dalam program penanaman Sereh Wangi yang dipelopori CV Selaras Alam Mandiri, Koperasi Sahabat Karya Mandiri dan OK OCE.

"Kami menyambut baik program OK OCE untuk penanaman bibit Sereh Wangi di Desa Cijayanti. Dan diharapkan program tersebut bisa meningkatkan ekonomi para petani," ujarnya.

Pada acara tesebut hadir diantaranya, Ketua MUI Desa Cijayanti KH Daman Huri, Ketua LPM Heru Husodo, Ketua BPD Holili Setiawan, SPd, MM, Ketua Gapoktan, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna, Babinsa, Babinkamtibmas, Tagana Desa Cijayanti, Ketua RW dan RT serta puluhan petani Desa Cijayanti. (GN)