Heri Cahyono Harapkan Perda yang Mampu Mengikat Warga untuk Pelihara Lingkungan - Bidik Nusantara

Minggu, 27 Oktober 2019

Heri Cahyono Harapkan Perda yang Mampu Mengikat Warga untuk Pelihara Lingkungan

KOTA BOGOR - Komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) kembali melakukan penanaman pohon yang dialksanakan bersama warga RW 10 Babakan Sirna dan sejumlah komunitas Kota Bogor. Bertempat di Pemakaman umum Babakan Sirna, Kelurahan Pamoyanan, Bogor Selatan. Minggu, (27/10/19).

Pada kesempatan itu, inisiator GTP Heri Cahyono mengatakan, pihak DPRD dalam beberapa bulan terakhir sudah membahas mengenai pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Tentunya, kata Heri, Ia menharapkan dapat menghasilkan sebuah produk berupa Peraturan Daerah yang mampu mengikat warga untuk memelihara dan juga merawat lingkungan hidup di sekitarnya.

Menurut Heri, selama sepuluh hari terakhir, beberapa wilayah di Indonesia mengalami peningkatan suhu. Sehingga, udara terasa lebih panas.

Oleh karena itu, Ia bersama GTP mengajak warga untuk menanam pohon baik di halaman rumah, maupun jalan-jalan agar mengurangi suhu udara yang panas.

"GTP ini sebagai sebuah gerakan diharapkan mampu mendorong masyarakat dan aparat pemerintahannya untuk lebih giat lagi menanam pohon," ujar Heri.

Politikus Partai berlambang Pohon Beringin itu menjelaskan, sebagai Pemerintah Kota Bogor, dirinya akan terus berupaya mendorong masyarakat untuk giat menanam pohon di halamannya masing-masing.

"Suhu kali ini sangat panas hingga menimbulkan dehidrasi, tentunya ini sanagat kontras dengan kota bogor yang terkenal kota yang sejuk. Dan ini adalah salah satu cara menanggulangi kejadian serupa adalah dengan menggerakan masyarakat untuk melakukan penanaman pohon," tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW 10 Nday Hudaya mengaku bersyukur atas kelopok yang peduli akan penghijauan tersebut, diharapkan dapat menutupi dan sekaligus mengganti pepohonan yang hilang di tebang.

"Sekarang sudah banyak perumhan, jadi pohon sudah banyak berkurang. Allhamdulillah dengan adanya GTP mudah-mudahan pohon yang hilang akibat di tebang bisa terganti, dan kami masyarakat di sini menerima dengan senang hati," tutur ketua RW 10, Nday Hudaya.

Selain inisiator dan penggiat GTP, dalam penanaman pohon juga hadir diantaranya, Bidang Pertamanan Dispurkim Kota Bogor, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), anggota PMI, LPM, BABINSA dan Bhabinmas, RT, RW serta masyarakat setempat. (GN)
Comments