Pemdes Cipayung Girang Lakukan Giat Bebersih Sampah di Kali Ciesek

Pemdes Cipayung Girang Lakukan Giat Bebersih Sampah di Kali Ciesek

Bidik Nusantara
Minggu, 22 September 2019

KAB.BOGOR - Dalam rangka memperingati hari sampah sedunia Pemerintahan Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan pembersihan sampah di Kali Ciesek Das anak Sungai Ciliwung. Sabtu, (21/09/19).

Kegiatan tersebut diikuti masyarakat serta organisasi kemasyarakatan diantaranya KNPI Kecamatan Megamendung, Laskar Merah Putih (LMP) Ranting Cipayung Girang, Pemuda Pancasila (PP) Ranting Cipayung Girang, serta anggota Ekopileg yang mendapat dukungan dari pegiat lingkungan perduli Ciliwung serta di hadiri pihak Kecamatan Megamendung.

Ketua BPD Cipayung Girang Hendrik menjelaskan, budaya masyarakat yang belum ada kesedaran hingga masih buang sampah ke kali perlu ada penangan yang serius dari berbagai pihak, agar sampah tidak menjadi kedala pencemaran terhadap air sungai.

"Selama ini, air sungai tersebut masih di pergunakan oleh masyarakat, apalagi di musim kemarau yang panjang ini sedang mengalami kekurangan air. Tentunya ini jadi masalah sosial," jelasnya.

Umtuk mengatasi hal tersebut, kata Hendrik, tenrunya perlu diadakan pengelolaan sampah yang melibatkan seluruh elemen baik masyakat maupun pemerintahan. "Bagaimana caranya, ya' harus ada pembuangan akhir dan pemusnahan sampah," ujarnya.

Menurutnya, ketika sampah tersebut sudah di pilah organik dan non organik, tentunya juga akan menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat.

"Ketika sampah ini di pilah. sampah organik bisa dibuat pupuk dan tentunya bisa bernilai serta menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat. Sementara itu, untuk sampah nonorganik bisa didaur ulang sedangkan untuk sampah yang tidak bernilai ekonomi bisa kita musnahkan dengan cara membakarnya," tuturnya.(Junaedi)