Kota Bogor Juara 2 Sadar Hukum Provinsi Jawa Barat - Bidik Nusantara

Minggu, 29 September 2019

Kota Bogor Juara 2 Sadar Hukum Provinsi Jawa Barat

BOGOR - Lomba Keluarga Sadar Hukum yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menyuarakan melek hukum ke Tingkat Nasional pada awal tahun 2020 membuahkan hasil yang positif dan kebanggaan tersendiri bagi Kota Bogor setelah Juri memutuskan Kota Bogor sebagai juara 2 dengan persaingan ketat Kota Sukabumi saat final, dan Kota Bandung juara 3.

Hal itu di sampaikan Alma Wiranta yang saat ini menjabat Kabag Hukum dan HAM Setda Kota Bogor melaui keterangan resminya kepada wartawan, Minggu (29/09/19).

Menurutnya, Kegiatan dilaksanakan di Ballroom Hotel The Jayakarta Bandung Suite sejak penyisihan tanggal 26 dan final tanggal 27 September 2019, yang masuk Nominasi untuk berlomba dari 12 Kota/Kabupaten diantaranya Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Depok, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Garut.

Berdasarkan SK Walikota saya ditunjuk sebagai Ketua, Kasubag Bantuan Hukum dan HAM sebagai pelaksana sekaligus pendamping bersama Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Bogor, karena diliat dari materi yang dilombakan cukup berat yaitu pengetahuan Undang-Undang tentang Narkotika, Peradilan Anak, Perdagangan Orang, ITE, Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Terorisme dan Hak Asasi Manusia.

Alhamdulillah adik-adik peserta dari SMAN 1 Kota Bogor yaitu Helmi Ihsan, Maleakhi Franklin Bulo, Ahmad Zaky, Azka Rasyad Alfaidi dan Melinda Yunita dapat membuat kebanggaan, karena itu saya melaporkan kepada Pemerintah Kota Bogor melalui Asisten Pemerintahan untuk meminta petunjuk dan arahan ," tuturnya.

Pria yang akrab disapa Alma itu juga menegaskan, kesadaran Hukum tidak bisa dibuat-buat, karena warga yang merasakan secara realita yang terjadi dimasyarakat, dan untuk meningkatkan kesadaran hukum melalui pembinaan kadarkum bukan hanya melalui lomba tetapi menjaring pengetahuan warga dan nantinya yang lebih penting untuk memasyarakatkan tujuan hukum yaitu kemanfaatan, kepastian dan keadilan ditengah pembangunan saat ini.

"Visi Kota Bogor 2019-2024 sebagai kota yang ramah keluarga, perlu didukung dengan peningkatan kesadaran hukum. "tegasnya.(Red)
Comments


EmoticonEmoticon