Update

Bidik Channel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » Disnaker Kabupaten Bogor Berikan Pelatihan Pengukuran Produktivitas Para Pelaku UMKM

KAB.BOGOR - Agar dapat mengukur produktivitas usahanya, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diberikan Pelatihan Pengukuran Produktivitas Kerja di Perusahaan Kabupaten Bogor Tahun 2019 oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bogor.

Kegiatan pelatihan yang di laksanakan di Learnotel Hotel dan Resort di Kawasan Kecamatan Mega Mendung itu, dibuka langsung oleh Kepala Disnaket Kabupaten Bogor, Drs Rahmat Surdjana,MM dengan menghadirkan pemateri tenaga ahli produktivitas nasional, Ir Sanggam Purba,MM dan Rahmawati,S.Psi, MM.

Dalam sambutannya Kepala Disnaker Kabupaten Bogor menuturkan, di era gelobalisasi, tantangan yang harus dihadapi oleh para pengusaha baik usaha kecil menengah atau besar akan semaki berat, tidak hanya bertujuan untuk dapat survive tetapi juga harus mampu memilih keunggulan bersaing dengan perusaan lain.

Dengan berlakunya konsep gelobalisasi dunia Internasional saat ini, akan membawa berbagai konsekwensi yang sangat luas dalam setiap aspek kehidupan manusia tanpa terkecuali termasuk bidang usaha dengan seluruh komponen yang mendukung bidang usaha tersebut.

"Oleh karena itu, untuk membangun daya saing agar dapat mendorong pembangunan inklusif (pembangunan untuk mengurangi kemiskinan), maka dipandang perlu adanya peningkatan produktivitas tenaga kerja dan produktivitas usaha. Karena nilai produktivitas tenaga kerja dan produktivitas usaha di Kabupaten Bogor saat ini masih perlu ditingkatkan untuk dapat mendorong daya saing secara Nasional," Tutur Rahmat Surdjana.

Untuk itu, lanjutnya, peran dunia usaha sangatlah setrategis untuk mendukung visi dan misi Kabupaten Bogor dan panca karsa Bupati, melaui peningkatan produktivitas di dunia usaha.

"Dengan harapan agar dapat memperluas lapangan kerja, mengatasi pengangguran serta membantu pemerintah dalam usaha pemerataan pendapatan, sehingga berkontribusi untuk menurunkan angka kemiskinan, yang pada akhirnya meningkatknya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bogor," jelasnya.

Terpisah, Kasi Produktivitas pada Disnaker, Ir Suratmi, M.Si menuturkan, Pelatihan yang mengangkat tema 'Tingkatkan SDM Yang Berkualitas dan Produktif' ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini diikuti oleh 30 orang peserta pelaku UMKM dari sejumlah kecamatan diwilayah Kabupaten Bogor.

"Ada pun materi yang disampaikan diantaranya tentang peningkatan produktivitas, tentang pengukuran produktivitas, dan tentang 5S yang merupakan pondasi dalam meningkatkan produktivitas yang perlu di berikan kepada para peserta," papar Suratmi saat ditemui wartawan disela-sela kegiatan, Rabu (9/7/19).

Ia menjelaskan, dalam pelatihan ini, peserta diminta membawa laptop dan laporan keuangan selama tiga tahun. Menurutnya, hal itu agar mereka nanti bisa mengimplementasikan didalam usahanya mereka mengukur produktivitasnya mulai saat ini.

"Sehingga setelah diukur, mereka (peserta) akan mengetahui apa saja yang menjadi permasalahan didalam usahanya dan bisa memperbaikinya," jelas Suratmi.

Ia berharap, setelah pelatihan ini, para peserta dapat mengukur produktivitasnya masing-masing, sehingga kedepannya bisa lebih baik dalam produktivitasnya dan usahanya bisa lebih maju. (Gandi)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply