Danrem 061/SK Berikan Wabang Kepada 780 Siswa SLTA

Danrem 061/SK Berikan Wabang Kepada 780 Siswa SLTA

Bidik Nusantara
Kamis, 18 Juli 2019

KAB.SUKABUMI - Sebanyak 780 Siswa-Siswi SLTA sederajat  di wilayah Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi menerima Pembinaan  Wawasan Kebangsaan (Wasbang)  yang di sampaikan oleh Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.Si, bertempat di Gedung Frinanda, Jalan A. Yani no.12 Pelabuhan Ratu, Kamis (18/7).

Dalam materinya Danrem 061/Sk menyampaikan kepada para Siswa Siswi yang hadir pada kegiatan tersebut, bahwa wawasan kebangsaan merupakan salah satu wahana membangun rasa cinta tanah air, karena wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang di dasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan nasional.

Lebih lanjut di sampaikan Danrem, bahwa kita hidup di indonesia dipengaruhi oleh lingkungan strategi, sekarang ada negara baru yang terus melaju yaitu Cina, dulu mereka menutup diri tapi sekarang terbuka,

Situasi Indonesia saat ini dipengaruhi oleh unsur luar negri, di tandai dengan Nasionalisme yang mulai luntur, oleh karena itu Wasbang di rasakan sangat penting terlebih bagi generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa. 

Sumber Daya Alam harus bisa kita kelola sendiri dalam menghadapi Globalisasi, sekarang sudah ada perang visi, Astragatra terdiri dari trigatra, dan Pancagatra yang mencakup Ipoleksosbud, di Indonesia ada 490 Suku, 6 Agama, 269 bahasa daerah, Indonesia menjadi negara Produsen dan Kaya, sehingga Sumber dayanya di eksploitasi negara lain. "Di jelaskan Danrem".

Disampaikan juga bahwa kita sudah masuk dalam generasi yg milenial, kebebasan prostitusi, narkoba, ini merupakan ancaman besar kedepan. 66 jenis narkoba yang sudah masuk ke Indonesia, serta ancaman bangsa saat ini Radikalisme yang berbahaya adalah idiologinya / bahaya latennya. Di Indonesia tidak membiarkan ajaran-ajaran tersebut berkembang.

Diakhir pembekalannya Danrem menyampaikan bahwa Wasbang ini merupakan bekal untuk para Siswa Siswi ke depan, karena generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Yang salah satu kewajiban nyata generasi muda saat ini yaitu melaksanakan Bela Negara, karena seluruh warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam membela negara.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi Intel Rem 061/Sk Letkol Arm Sabawa, Kasi Ter Rem 061/Sk Letkol Arm Asep Muspida, Dandim 0622 / Kab. Sukabumi Letkol Inf Haris Sukarman, Asda I Bpk Ade Setiawan, Kesbangpol Edyatna Susila serta Para Kepala Sekolah wilayah Kab Sukabumi.  (Penrem 061/Sk)