Update

Bidik Channel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » Workshop Writerpreneur Berlangsung di Kota Hujan

BOGOR - Sedikitnya 50 orang peserta yang berasal dari Bogor, Depok, Bandung, Bekasi, Cirebon, Jakarta, Tangsel, Cimahi, Tangerang, Cilegon, Banyumas dan Pemalang ikuti Workshop writerpreneur yang baru saja berlangsung di Kota hujan. Bertempat di salah satu Hotel tepatnya Jalan Raya Pajajaran No.12, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jum'at (28/06/19).

Penyelenggara event Bekraf, Endra Jamie menuturkan, Workshop Writerpreneur dimulai pada tahun 2017 sudah berjalan dari kota ke kota dan Bogor adalah kota ke-11 yang dikunjungi oleh Bekraf.

"Di tahun 2019 ini, Bogor adalah kota ke-3 setelah Surabaya dan Medan.
Adapun 5 (lima) pemateri dalam acara ini yaitu, Kirana Kejora (Yorick), Pidi Baiq (Dilan), Krishna Pabhicara (Sepatu Dahlan), Agustinus Wibowo (Titik Nol), dan Pujia Pernami dari storial.co (platform penerbitan).

Motivasi lain, selain totalitas dalam menjalani pekerjaannya, Endra merasa tergerak memberi kesempatan kepada teman-teman sesama penulis lebih ke panggilan hati. Dikarenakan Ia pun sebenarnya menyukai dunia tulis-menulis, dan Ia ingin penulis tidak hanya bisa menulis namun bisa menjadi pengusaha dari hasil tulisannya. Sehingga karya yang dibuat penulis bisa dipasarkan dan diangkat ke layar kaca dan layar lebar.

Pengalaman yang dirasa paling mengharukan bagi dirinya selaku penggiat acara ketika mengelar workshop writepreneur di Kota Biak, pada tahun 2018. Ia terharu karena peserta workshop adalah para penulis yang hadir datang dari pulau-pulau kecil dari pelosok pedalaman di Biak.

Selepas acara di Kota tersebut Endra berusaha menggandeng para penulis dan pemerhati pendidikan yang peduli pada generasi untuk menulis. "Merka itu selain butuh pelatihan menulis, juga butuh buku-buku bacaan untuk referensi membacanya. Kini berkat acara workshop writepteneur setiap tanggal 10 setiap bulannya mereka mendapat bantuan maksimal 10 kg buku yang dikirim lewat bantuan program Presiden Jokowi," papar Endra.

Selain itu menurut Endra buku-buku hasil workshop mereka telah ditampilkan di Bekraf festival tahun lalu di Surabaya.

Kirana Kejora sebagai perwakilan pemateri mengungkapkan, bahwa keterlibatannya dalam workshop writepreneur ini adalah karena kewajibannya untuk berbagi ilmu menulis. Sebab baginya penulis yang hebat adalah penulis yang dapat menetaskan penulis-penulis yang lebih hebat darinya.

Adapun Dewi Pelangi yang hadir dalam acara tersebut bukan sebagai peserta melainkan undangan dari Endra Jamie selaku penyelenggara untuk dapat menghadirkan penulis berbakat asal kota hujan atau tuan rumah yang memiliki komunitas tersendiri yakni komunitas Dewi Pelangi Hijab," imbuh Dewi.

Menurutnya, hasil dari workshop interpreneur yang digelar oleh Bekraf, penulis akan mendapatkan ilmu baru, jaringan baru, saling mengenal sesama penulis baru dan karya sastra mereka bisa menarik dan dilirik oleh PH maupun oleh produser sehingga dapat mengangkat karya mereka ke kancah layar lebar. Dan, Buku-buku hasil workshop akan dipamerkan di Bekfest yang akan berlangsung di bulan Oktober 2019.(Din)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply