Sally Frizellia Pemilik dari CV. Rizky Maju Jaya Rent Car, Kebanjiran Order Mudik Lebaran

Sally Frizellia Pemilik dari CV. Rizky Maju Jaya Rent Car, Kebanjiran Order Mudik Lebaran

Bidik Nusantara
Minggu, 02 Juni 2019

KAB BOGOR - Semakin banyaknya permintaan sewa mobil menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H ternyata malah membuat pemilik rental merasa ngeri-ngeri sedap. Pasalnya, pemilik rental harus sangat waspada dengan tindak kejahatan yang selalu mengincar rental-rental mobil.

Sally Frizellia pemilik dari CV. Rizky Maju Jaya Rent Car mengatakan kepada awak media, usaha yang dibangun dari mulai tahun 2014 sendirian, mengaku kebanjiran order dengan banyaknya permintaan sewa rental mendekati lebaran. Sudah banyak dari satu bulan yang lalu boking unit kendaraan di Rent Car kami.


"Order semakin banyak di moment lebaran ini menurutnya ngeri-ngeri sedap, karena kalau salah pinjemin bisa digadaikan mobil kita atau juga bisa dijual yang lebih fatalnya. Seperti yang dirasakannya dua tahun yang lalu, pernah 3 unit kendaraannya di gadaikan dan dipindah tangankan kepada orang lain," tutur Sally di kediamannya Jalan BNR Perumahan Harmony 2 Blok 2 No 35 Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor, Minggu (02/06/19).


Selain itu, menurut Sally, selalu meningkatkan keamanan agar mobilnya selalu dapat dilacak dengan teknologi GPS yang ditanamkan 2 buah. Sampai hari ini, seluruh koleksi mobilnya dan sudah ludes dipesan untuk disewakan pulang kampung. Ada yang ke Daerah Bandung, Lampung sampai ke daerah Padang dengan lamanya penyewaan variarif ada yang 6 sampai 9 Hari.


"Banyaknya permintaan penyewa mobil membuatnya harus lebih selektif terhadap customernya. Administrasi peminjaman sewa mobil di tempatnya juga diperketat dengan meminta sejumlah bukti dokumen. Biasanya kita minta fotokopi KTP, Kartu Keluarga alamat rumah, sampai survey ke rumah customer," jelasnya.


Saat ini, menurut sally ,tempat rental yang dimiliki oleh Sally memiliki sampai 6 unit mobil dengan berbagai jenis seperti Mobilio, Avanza, Xenia, hingga kendaraan merk Gelly. Terdapat kenaikan harga sewa mobil di tempatnya mendekati hari lebaran.


"Kalau misalnya jenis mobil Mobilio atau Avanza hari biasa Rp 350 ribu sampai Rp 400 ribu satu hari, udah mau lebaran kayak gini bisa jadi naik 200 persen jadi Rp 700 ribu sampai dengan Rp 800 rb per 1 hari," terangnya.


Dia menambahkan, permintaan sewa mobil sempat sepi selama awal bulan Ramadhan. Sedikitnya permintaan kini dibayarkan dengan melonjaknya pemesanan mobil sewaan untuk lebaran.


"Emang pas bulan puasa sempat berkurang, tapi pas lebaran keganti," katanya. Seperti diketahui, jelang Lebaran, persewaan mobil mulai banyak dilirik. Ini membuat harga sewa mobil turut disesuaikan dengan permintaan," ucapnya.


Sally menambahkan, lama peminjaman tidak ada batasan bagi konsumennya,yang terpenting persyaratan dan biaya sewa dibayar sesuai dengan kesepakatan.Tapi kebanyakan meminjam untuk waktu minimal 6 hari sampai 10 hari, dengan tujuan dalam provinsi Jawa Barat sampai keluar provinsi.


"Biasanya semua unit yang akan digunakan kita service terlebih dahulu dan diganti sparepartnya yang sudah tak layak pakai, ini semua guna kenyamanan pihak konsumen dan untuk mereka gunakan selama mudik lebaran sehingga bisa kembali lagi dengan selamat,"pungkasnya.
(Sally )