Puncak Acara HUT PDAM, Kementerian PUPR Serah Terima Operasional SPAM Katulampa

Puncak Acara HUT PDAM, Kementerian PUPR Serah Terima Operasional SPAM Katulampa

Bidik Nusantara
Senin, 29 April 2019

BOGOR - Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Katulampa di Desa Cibanon, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, akan dirasakan manfaatnya oleh pelanggan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dalam waktu dekat.

Hal tersebut menyusul telah dilakukannya penandatanganan berita acara serah terima operasional oleh Kepala Satuan Kerja Pengembangan SPAM Katulampa Kementerian PUPR Tanozisochi Lase dengan Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Deni Surya Sanjaya, di sela perayaan puncak HUT PDAM Tirta Pakuan ke-42 di SPAM Katulampa, Sabtu (27/4/2019).

Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat dan jajaran direksi serta karyawan PDAM Tirta Pakuan.

Dalam sambutannya, Bima Arya berharap dengan serah terima SPAM Katulampa itu bisa mengoperasikan Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Reservoir yang mampu lebih maksimal melayani pelanggan.

"Ini momentum yang sangat ditunggu oleh warga Bogor. Karena kalau ditanya kenapa air PDAM tidak mengalir, salah satu jawabannya adalah karena SPAM Katulampa ini belum beroperasi. Saya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR karena memahami suasana kebatinan di Kota Bogor bahwa tempat ini harus terus beroperasi walaupun masih ada persoalan yang belum selesai," ungkap Bima.

Bima meminta PDAM Tirta Pakuan terus melakukan pengerjaan pembangunan di titik lain sehingga distribusinya semakin maksimal ke semua wilayah pelayanan. "Di usia ke-42 ini saya mendoakan agar PDAM semakin canggih untuk menentukan titik keseimbangan. Seimbang antara ambisi untuk menambah jumlah sambungan, di sisi lain tetap menjaga kualitas layanan," jelasnya.

"Ini tidak mudah. Jangan sampai ambisi menambah terus pelanggan baru, kemudian digenjot lagi pembiayaan tapi layanan tidak mengiringi. Jadi saya berharap betul PDAM bisa seimbang. Betul layanan sambungan ditambah sesuai dengan target 100 persen tahun 2022, tapi jangan lupa kualitas layanan," tambah dia.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Deni Surya Sanjaya menyatakan, jika sudah beroperasi kapasitas produksi SPAM Katulampa ini mencapai 300 liter per detik. "Zona SPAM Katulampa ini khusus untuk bisa melayani sebelah kanan Jalan Pajajaran, Bogor Lakeside, Villa Duta, Bogor Baru, Indraprasta Taman Kenari hingga ke daerah Cijunjung. Insya Allah Senin akan dimulai kembali beberapa sentuhan yang belum rampung, seperti pemasangan 60 meter pipa," terang Deni.

Ia menjelaskan, dalam proyek pembangunan yang memakan waktu satu tahun tersebut sudah dilakukan uji coba yang dilakukan oleh PDAM, Kementerian PUPR, Tim Pelaksana dan Konsultan. "Hasilnya bahwa air di sini sudah berkualitas drinking water artinya standar kesehatan sudah sesuai. Tapi kami belum bisa menjamin kualitas yang sama jika sudah mulai distribusi ke pelanggan, perlu kajian lagi nanti," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Bima Arya menandatangani prasasti tanda diresmikannya Reservoir Katulampa dengan volume 5.000 meter kubik. "Ini murni anggaran dari Pemkot Bogor. Semoga apa yang telah dilaksanakan hari ini bisa melayani kebutuhan air bersih warga dengan lebih baik lagi," tandasnya.(Dewi)