Update

Bidik Channel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » Kepala Sekolah Harus Memiliki Jiwa Kewirausahaan

KAB.BOGOR Selain menjadi seorang laeder para kepala sekolah juga harus memiliki dan menguasai kewirausahaan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Bogor, hal tersebut dikatakan oleh Sandi Budiana, M.Pd selaku narasumber pada acara Bimtek Managerial Skill Kepala SMP swasta di hotel Newayuda Cipayung Puncak, (5/4).
Sebagai seorang pemimpin dilembaga satuan pendidikan, selain harus memiliki kemampuan dalam mengelola dan mengembangkan, serta kepribadian, kematangan emosional, administrator, supervisor, edukator, monitor, inovator juga harus menguasai ilmu teknologi yang memadai, sehingga mampu membaca wawasan jauh kedepan, tentu ini harus berani mengambil resiko, dalam memberikan layanan prima terhadap laeding sector.

Dimana seorang kepala sekolah juga harus bisa mengelola dan mengembangkan kewirausahaan pada lembaga yang dipimpinnya." dengan menganalisis suatu permasalahan yang terjadi disekolah kemudian membicarakannya kepada seluruh dewan guru hingga mencari solusi kedepannya, serta dapat membaca tantangan yang akan dihadapi kedepannya, lalu langkah ini yang kemudian diambil menjadi sebuah kebijakan baru". Papar Sandi.

Karena lanjut sang narasumber, antara komersial dengan sosial dalam dunia pendidikan harus saling mendukung, akan tetapi harus sesuai dengan kebutuhan, karena tidak akan berjalan mulus sebuah dunia pendidikan tanpa didukung dengan komersial, ini saling keterkaitan" ucapnya.

Seorang kepala sekolah sebagai laeder disatuan pendidikannya, dimana menjadi seorang guru adalah pekerjaan sepanjang waktu, yang pola hidup dan sikapnya harus menjadi contoh baik lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Dikesempatan yang sama Tajudin, S.Pd selaku peserta bimtek mengutarakan pada bidiknusantara.com. " bentuk kewirausahaan yang ada dimasing - masing satuan pendidikan hanya kepala sekolah dan dewan guru itu sendiri yang tahu, hanya bagaimana cara kita menggali potensi ini, mungkin ini memiliki cara yang berbeda - beda anatara sekolah kami dengan sekolah lain, setelah itu kemudian dikemas atas dasar pertimbangan yang matang tentunya, dengan melihat terlebih dahulu segi positif dan negatifnya, selain itu pula kita harus bisa membaca tantangan apa saja yang akan dihadapi kedepannya, tentu ini harus terlebih dahulu pula kita susun langkah langkah yang harus diambil untuk mengantisipasi jika tantangan itu terjadi " pungkasnya.


Reporter : Supriatna

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar: