Dispora Kabupaten Bogor Selenggarakan Pembinaan Kompetensi Kewirausahaan - Bidik Nusantara

Sabtu, 06 April 2019

Dispora Kabupaten Bogor Selenggarakan Pembinaan Kompetensi Kewirausahaan

KAB.BOGOR - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan pembinaan kompetensi kewirausahaan bagi para pemuda, untuk menciptakan wira usaha muda baru di Kabupaten Bogor.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor, Drs. Aman Muslihat Noor, M.Pd menuturkan, dalam mendukung program Pancakarsa, Dispora Kabupaten Bogor memiliki tanggung jawab sebagai pelaksana Pancakarsa yaitu Bogor Maju. Bogor maju yang dimaksud adalah memajukan sektor wilayah Kabupaten Bogor, salah satunya pemuda Kabupaten Bogor untuk bersama-sama membangun Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia

"Salah satu program yang dilakukan Dispora dalam dalam membangun Bogor maju, adalah kegiatan pembinaan kompetensi kewirausahaan bagi pemuda. Program ini juga dilakukan untuk melaksanakan visi kabupaten Bogor, yaitu mewujudkan kabupaten yang berkualitas dan mewujudkan perekonomian daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan," tuturnya saat memberikan sambutan dalam pembukaan Talkshow enterpreneur di acara Bogor Festival 2019, di Stadion Pakansari, Kamis (4/4/19).

Disamping itu, lanjutnya, kegiatan ini termasuk program 100 hari kerja Bupati Bogor, dengan diikuti oleh 700 pemuda berusia 16 sampai 30 tahun yang merupakan perwakilan dari setiap Kecamatan di Kabupaten Bogor.

"Kegiatan pembinaan kompetensi kewirausahaan ini telah melahirkan sebanyak 7 angkatan, untuk menciptakan wirausahawan muda baru yang mempunyai kewajiban meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Bogor, terutama dalam segi ekonomi," ungkapnya.

Aman mengatakan, para peserta kegiatan ini telah dikenalkan dengan dunia kewirausahaan dan diberikan berbagai materi untuk persiapan dalam berwirausaha seperti, etika bisnis, pelayanan prima kepada konsumen, efisiensi biaya prosuksi, hingga cara menghitung laporan keuangan dan analisis kelayakan usaha serta strategi pemasaran.

Ia berharap, setelah diadakan kegiatan ini, para peserta menjadi tombak utama perekonomian Kabupaten Bogor yang nantinya akan berada dalam binaan Dispora Kabupaten Bogor atau OPD lain untuk penanganan lebih lanjut.

"Oleh karena itu, kegiatan pembinaan ini akan dicoba di usulkan pada tahun 2020, dengan pemberian langsung fasilitas penunjang usaha oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Harapan kami, mudah-mudahan dapat terealisasi," pungkasnya. (Gandi)
Comments


EmoticonEmoticon