Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Gelar Kegiatan Bimtek Managerial Skill Kepala SMP Swasta - Bidik Nusantara

Jumat, 05 April 2019

Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Gelar Kegiatan Bimtek Managerial Skill Kepala SMP Swasta

KAB.BOGOR - Acara bimbingan teknik khusus bagi para kepala sekolah yang diselenggarakan di Hotel Newayuda 2 Cipayung Puncak pada Rabu 4 April 2019 hingga 6 April 2019, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Luthfi Syam.

Dalam sambutannya Luthfi Syam menyampaikan untuk menunjang kinerja para kepala sekolah ditingkat SMP Swasta perlu adanya pembinaan Managerial Skill yang bertujuan agar para kepala sekolah dapat mengelola, mengembangkan dan memenaj serta berinovasi, sehingga dunia pendidikan yang dikelola nya menjadi lebih baik, menjadi seorang laeder yang baik.

"sudah tidak ada lagi alasan bahwa sekolah swasta tidak bisa maju, bahkan sudah banyak sekolah swasta yang memiliki skill dan kemajuan yang dapat menyaingi sekolah sekolah negri paporit sekalipun" terang Kadis (4/4). 

dan untuk PPDB ditahun ketiga ini lanjut Kadis, sudah menggunakan sistem zonasi  sehingga harus betul betul dipersiapkan, oleh karena itu dengan merasa kebanggaan saya terhadap sekolah swasta, dan harus menjadi yang terbaik dari pada sekolah negri". Paparnya.

Zonasi kita pada tahun ini kami berikan 20℅ bagi siswa miskin atau tidak mampu dari lokasi terdekat sekolah, dan tak perlu SKTM lagi, 
10% untuk yang berprestasi Akademik,10% untuk non akademik 
Kalau para kepala sekolah belum mengikuti Bimtek Managerial Skill maka tudak boleh menandatangani Ijazah, 
Kalau kita bicara soal managerial dan apa itu skill, 
Kalau kita berbicara manager yaitu orang yang mengatur dan mengelola sekolah dengan baik dan benar, sementara Skill yaitu kemampuan atau keahlian seorang kepala sekolah dalam mengelola dan memenaj sehingga bisa memajukan sekolah menjadi lebih baik secara keseluruhan.

Dimana seorang kepala sekolah harus memiliki EMASLIM, apa itu, yaitu pertama Edukator dimana seorang kepala sekolah harus menjadi edukator bagi dirinya, dewan guru hingga Komite sekolah.

Yang kedua Motifator yaitu seorang kepala sekolah harus bisa menjadi seorang insfirit bagi semua keluarga sekolah, dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.
Ketiga Administrator dimana seorang kepala sekolah dapat mengelola dan memenaj semua adminstrasi sekolah.
Keempat Supervisier yaitu kepala sekolah sebagai mandor disekolah,, yang dapat mengontrol semua kegiatan dan apa yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Kelima Laider yaitu menjadi contoh bagi dewan guru hingga siswanya.
Keenam Inovative yaitu seorang kepala sekolah harus memiliki keterampilan dalam menciptakan suasana belajar yang baik.
Dan yang terakhir ketujuh yaitu Managerial dimana seorang kepala sekolah harus mampu dan dapat menciptakan suasana lingkungan sekolah yang menyenangkan dan mengelola serta mengembangkan sekolah dengan baik.

Dan mengelola potensi yang dimiliki sekolah, mengidentifikasi kemudian mengambil langkah - langkah yang harus dilakukan.

Sementara salah satu Kepala Sekolah yang mengikuti Bimtek H. Saefulloh, S.H.I mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendisikan Kabupaten Bogor yang telah mempasilitasi kegiatan ini bagi para kepala sekolah SMP Swasta pada gelombang ketiga ini, " kegiatan ini merupakan langkah maju yang diambil Dinas pendidikan Kabupaten Bogor, untuk memajukan dunia pendidikan khususunya di Kabupaten Bogor".

Lebih lanjut dikatakan " Bimtek ini lebih mengarah kepada sistem managerial yang harus dimiliki oleh setiap kepala sekolah khususnya para kepala SMP Swasta yang ada di Kabupaten Bogor memiliki Managerial Skill yang baik selaku Kepala Sekolah " terangnya.


Reporter : ( Supriatna)
Comments


EmoticonEmoticon