Update

Bidik Channel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » PSB Salah Satu Bagian Pelestari Budaya Sunda yang Harus Mendapat Perhatian Pemerinrah

KAB.BOGOR - Calon anggota DPD RI No 50 Dapil Jawa Barat, Iwan Kusmawan,SH melakukan silaturahmi ke Padepokan Pencinta Seni Budaya (PSB) Jawa Barat, di Jalan Kampung Bubulak Darusalam RT 03/09 Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Rabu (27/3/19) malam.

Kunjungan Calon DPD RI nomor urut 50 (Gocap) itu disambut hangat oleh ketua umum PSB Jawa Barat, Arif Rahman Hakim beserta pengurus dan anggota PSB lainnya.

"Kami ucapkan terima kasih atas yang sebesar-besarnya atas kehadiaran Bapak Iwan Kusmawan ke Padepokan Pencinta Seni Budaya Jawa Barat ini, semoga membawa berkah dan manfaat," ucap Ketua umum PSB Jabar, yang akrab disapa Ki Akew dengan logat bahasa Sunda yang kental.

Dalam silaturahmi tersebut, Arif Rahman Hakim mewakili pengurus dan anggota PSB lainnya menyampaikan berbagai persoalan diantaranya tentang keberadaan paguyuban yang dipimpinnya yang hingga saat ini belum mendapat perhatian dari pemerintah, khususnya pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor.

"Kami ingin kesenian kesundaan itu, khususnya di Bogor agar lebih di perhatikan. Seperti salah satunya di wilayah Sindang Barang Loji, ada seorang dalang sekaligus pengrajin wayang tapi sekarang malah beralih profesi menjadi tukang sol sepatu. Mungkin jika ada perhatian dari pemerintah berupa bantuan modal dan marketnya, tidak akan seperti itu," ungkap Ki Akew.

Terkait pencalonan Iwan Kusmawan, SH untuk duduk di kursi DPD RI mewakili masyarakat Jawa Barat, Ia berharap bisa lebih memajukan dan mengembangkan berbagai potensi kesundaan khususnya yang ada diwilayah Bogor. 

"Jika ada acara-acara khususnya di pemerintahan, untuk penyambutan tamu, juga di hotel-hotel agar di sertakan kesenian sunda. Hal itu bisa mengangkat kembali potensi kesenian- kesenian sunda, khususnya di Bogor. Karena pusat kesundaan itu sebetulnya di Bogor yang dikenal dengan sebutan Tunggul Kawung," ungkapnya. 

Menanggapi hal tersebut, Calon anggota DPD Iwan Kusmawan, SH mengatakan, dirinya semaksimal mungkin mengupayakan yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat salah satunya di Padepokan PSB.

"Secara prinsip pelestarian budaya itu bukan hanya pelestarian saja, tetapi yang sangat penting adalah bagaimana pelestarian ini mendapat atensi dari para pemangku kepentingan. Hal ini merupakan salah satu PR saya untuk membantu mendorong agar aspirasi mereka tersampaikan dan direalisasikan oleh pihak bersamgkutan," ungkap Calon anggota DPD RI No 50 (Gocap) itu.

Menurutnya, PSB ini salah satu bagian daripada pelestari budaya sunda, atau budaya Jawa Barat. Mau tidak mau, suka tidak suka ini harus menjadi bagian dari para pemangku kepentingan terhadap apa yang menjadi harapan dan keinginan, dimana seni dan budaya itu bagian daripada kepentingan dalam hal ini adalah penguasa dan penyelenggara negara.

"Lebih jauh sekarang, apa yang menjadi harapan dan keinginan teman-teman di PSB dapat perhatian dari pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Dinas tersebut harus lebih memberikan atensi kepada paguyuban-paguyuban atau para pemerhati budaya itu sendiri, sehingga tidak mudah dikatakan bahwa seni dan budaya ini musnah karena tidak lagi diperhatikan, bagaimanapun juga seni dan budaya bagian daripada stuktur yang ada didalam lembaga kenegaraan," paparnya.

Selain membahas persoalan yang ada di Padepokan, seperti yang dilakukan saat bersilaturahmi dengan masyarakat lainnya, Iwan Kusmawan juga memaparkan terkait tugas dan fungsi DPD RI. Di akhir pertemuan, para pecinta seni budaya jawa barat melakukan doa bersama untuk kesuksesan Iwan Kusmawan duduk di kursi DPD RI mewakili masyarakat Jawa Barat pada umumnya. (Red)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply